Table of contents: [Hide] [Show]

Langkah Strategi Pembelajaran yang berurutan harus dilakukan pendidik dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran, yang bertindak sebagai pelaku utama adalah pendidik dan peserta didik, sedangkan proses pembelajaran sendiri merupakan kegiatan interaksi yang secara sadar dan disengaja untuk dilakukan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang ditentukan.

Maka dalam kegiatan belajar mengajar harus diperhatikan langkah-langkah strategi pembelajaran yang akan digunakan, supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tahapan atau langkah-langkah dalam strategi pembelajaran yang akan dijelaskan sebagai berikut

Kegiatan pendahuluan

Pada kegiatan pendahuluan ini pendidik harus memberikan pembukaan yang memastikan bahwa peserta didik siap untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan dan sikap. Dengan kata lain sebelum masuk pada kegiatan inti, perlu dilakukan kegiatan apersepsi dan pendidik harus menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Sederhana dalam kegiatan pembukaan pendidik harus memastikan peserta didik sudah siap dalam menerima materi ajar secara utuh yang mana hal ini menjadi point penting dalam apersepsi.

Supaya proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan pendidik harus memilih strategi yang tepat selain itu strategi yang dipilih sebaiknya dapat membuat peserta didik fokus kepada materi pembelajaran. Supaya pembelajaran lebih menarik pendidik bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang belajar yang peserta didik sukai misalnya sebagai berikut :

  • Menampilkan video yang berhubungan dengan materi pembelajaran
  • Bernyanyi bersama
  • Bermain game
  • Memberikan kuis singkat
  • Mengajak peserta didik untuk berdiskusi berkaitan dengan materi

Kagiatan inti

Kegiatan ini merupakan inti dari proses belajar mengajar. Pada kegiatan ini terdapat bagian-bagian yang harus disampaikan dengan baik kepada peserta didik yaitu sebagai berikut :

  • Penjelasan mengenai materi pelajaran atau konsep, prinsip dan prosedur yang akan dipelajari peserta didik, yang mana disaar memberikan penjelasan materi pendidik menggunakan media atau metode pembelajaran yang beragam
  • Pemberian contoh dan non contoh yang prakti, konkret dan mudah dipahami oleh peserta didik supaya tujuan pembelajaran dapat dicapai dan lebih mudah diterima oleh peserta didik
  • Pemberian praktik dan latihan untuk menerapkan konsep, prinsip dan prosedur yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari supaya materi pelajaran lebih mudah untuk dipahami peserta didik. latihan yang dimaksud disini adalah bagian dari proses pembelajaran bukan latihan untuk tes

Kegiatan penutup

Kegiatan penutup adalah akhir dari proses pembelajaran. Pada kegiatan ini terdapat bagian-bagian yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut :

  • Pemberian tes diberikan dengan tujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik, baik tes tertulis maupun lisan
  • Umpan balik harus dilakukan peserta didik untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran yang sudah diberikan
  • Pendidik melakukan tindak lanjut sebagai wujud nyata pada bagian yang dianggap masih perlu perbaikan dan pembenahan. Tindak lanjut ini bisa dilakukan berdasarkan hasil tes dan umpan balik yang dilakukan pendidik.

Demikianlah langkah-langkah strategi pembelajaran yang harus dilakukan pendidik dalam kegiatan belajar mengajar. Langkah atau tahapan ini harus dilakukan secara berurutan supaya hasil belajar dapat dicapai secara maksimal.

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *