Donghua.id. Siswa sekolah umum tentunya mendapatkan pelajaran yang terbilang cukup banyak untuk mereka pelajari. Tidak sedikit dari mereka yang berusaha dengan keras agar mendapatkan nilai yang baik di setiap pelajarannya. Berikut adalah beberapa cara mudah menghafal pelajaran.

Membuat Rekaman atau Mempelajari Materi Melalui Youtube

Ada beberapa anak yang memiliki kemampuan yang unggul dalam memahami pelajaran melalui audio atau audio visual. Mereka mengandalkan indra pendengarannya untuk menerima dan menampung semua informasi atau pelajaran.

Siswa bisa merekam penjelasan guru jika sekolah atau lembaga belajar mengizinkan siswanya untuk membawa alat perekam dan merekamnya. Dengan cara ini, siswa dapat mengulang-ulangi penjelasan tersebut dan bisa menjadi paham serta hafal dengan materi atau pelajaran yang telah didengarkan.

Apabila cara tersebut tidak mungkin untuk dilakukan, Anda bisa membuat rekaman sendiri dengan membaca materi yang telah dicatat dan merekamnya. Rekaman tersebut dapat Anda putar dimana saja dan kapan saja. Khususnya waktu akan ujian, Anda bisa belajar dengan memutar rekaman tersebut.

Membaca dan Menandai

Cara berikutnya yang bisa Anda coba untuk bisa menghafal pelajaran adalah dengan menandai bagian atau poin penting dari bacaan tersebut. Membaca dan menandai ini sangat efektif untuk Anda yang gemar membaca.

Anda bisa membuat tanda tersebut dengan menggunakan stabilo warna kesukaan dengan rapi atau versi Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sticky note untuk menandai. Gunakan media penanda sebaik, selucu, atau semenarik mungkin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar Anda.

Cara mudah menghafal pelajaran dengan penandaan poin penting akan memudahkan Anda dalam mengingatnya karena mudah masuk serta tersimpan dalam memori.

Menulis Ulang atau Membuat Rangkuman

Sebagian orang memiliki kemampuan untuk mudah menerima ilmu atau menghafalnya ketika menuliskan materi atau pelajaran yang dikehendaki. Ingatan akan mudah melekat jika diikat dengan tulisan. Anda bisa menulis ulang atau membuat rangkuman dari materi yang telah disampaikan oleh guru Anda.

Seorang psikolog bernama Kenneth Kiewra dari Universitas Nebraska menyatakan bahwa dengan menulis mampu menstimulasi kinerja otak khususnya dalam hal mengingat. Dengan membuat catatan atau menulis materi dengan tangan, otak akan lebih mudah dalam menerima atau merekam materi itu.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menghafalkan pelajaran dengan mudah hendaklah menulis serta mencatat materi yang disampaikan oleh para pendidik. Tidak hanya itu, catatan tersebut juga akan membantu Anda dalam mengingat materi meskipun telah lama hingga setelah beberapa tahun.

Mengulang-ulang Informasi atau Pelajaran

Mengulang-ulang informasi atau pelajaran juga akan memudahkan Anda dalam mengingatnya. Otak akan lebih mudah menerima informasi atau materi saat mater sering diucapkan secara berulang-ulang. Anda dapat mengulang-ngulang informasi serta pelajaran setelah kelas selesai.

Tidur yang Berkualitas

Cara mudah menghafal pelajaran tidak melulu pada tekniknya, namun juga pola hidup sehat yang diterapkannya. Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam menghafal pelajaran karena kualitas tidurnya yang masih belum cukup.

Apabila Anda memiliki kualitas tidur yang baik, otak akan mudah menerima pelajaran baru dan mudah untuk diingat. Hal itu juga mampu mengatasi kelelahan dan juga stres. Kebutuhan seseorang untuk tidur akan sangat beragam sesuai dengan usianya.

Anak dengan rentang usia 6 tahun hingga 13 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 9 hingga 11 jam per harinya. Sedangkan untuk usia 14 hingga 17 tahun waktu tidur yang baik sekitar 8 hingga 10 jam.

Lalu, untuk orang dewasa yakni usia 18 tahun hingga 64 tahun, waktu tidurnya 7 hingga 9 jam. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan tidur sesuai dengan usia agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tata juga pola hidup yang baik lainnya, agar bisa mendukung hal ini.

Menggunakan Mind Map

Sudah tahukah Anda, apa itu mind map? Mind Map adalah sebuah peta pikiran yang terorganisir dengan baik secara visual dari konsep atau ide. Anda bisa membuat rangkuman dengan cara mind mapping ini, buatlah kreasi yang semenarik mungkin supaya Anda tidak bosan dan semangat untuk belajarnya.

Cara mudah menghafal pelajaran menggunakan sistem ini, akan membantu manajemen otak dalam membuka kapasitasnya. Ini juga akan mempermudah Anda mengingat pelajaran.

Baca juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *