Manfaat Public Speaking Untuk Bisnis

Public Speaking

Bisnis menuntut adanya komunikasi baik untuk internal maupun dengan pihak di luar perusahaan. Audiens yang dihadapi bervariasi bisa hanya satu orang sampai beberapa, puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang. Kemampuan public speaking menjadi penting karena mempunya beberapa manfaat signifikan untuk bisnis.

Meningkatkan Kredibilitas

Public speaking memungkinkan kita untuk menunjukkan dan membagikan pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki. Seiring waktu kita akan dikenal sebagai expert di bidang kita. Reputasi dan kredibilitas pribadi sekaligus reputasi perusahaan akan terangkat.

Ketika kita sudah dianggap sebagai expert orang akan lebih mudah percaya pada kita. Hal ini akan bermanfaat untuk mempermudah sharing ilmu atau ide dan juga untuk melakukan penjualan.

Pribadi dan Perusahaan Menjadi Semakin Dikenal

Ketika kredibilitas dan expertise kita bagus, ada kemungkinan besar kita sering diundang untuk menjadi pembicara. Kita tidak hanya membawa nama pribadi tapi juga nama perusahaan. Semakin sering tampil di depan publik maka kita dan perusahaan kita akan semakin dikenal.

Memperkenalkan Bisnis, Produk Atau Jasa

Launching produk atau jasa sekarang ini bisa dilakukan melalui banyak sarana seperti website, media sosial, dan lainnya termasuk webinar. Banyak perusahaan ketika ingin memperkenalkan bisnis, produk, atau jasa maka mereka melakukannya melalui seminar (offline) sekaligus webinar (online).

Public speaking sangat diperlukan disini untuk bisa menyampaikan pesan secara persuasif kepada calon konsumen. Produk atau jasa yang bagus saja tidak cukup menarik bagi calon konsumen. Mereka perlu diedukasi dan diyakinkan.

Menjual Produk Atau Jasa

Event seperti pameran dan sejenisnya memungkinkan perusahaan bertemu dengan calon konsumen yang ideal. Dalam berbagai event perusahaan yang menjadi peserta seringkali diberi kesempatan untuk mengadakan presentasi singkat.

Perusahaan bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Dalam hal ini kemampuan public speaking yang bagus juga akan membantu sekali menggerakkan calon konsumen untuk melakukan order.

Mengedukasi Klien

Kemampuan public speaking juga dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi klien dan calon klien. Baik dengan cara bertemu langsung maupun melalui telepon, video atau podcast.

Tidak semua klien langsung bersedia melakukan order, bahkan meskipun sudah tertarik dengan produk kita. Edukasi akan banyak menjawab pertanyaan dan keraguan orang akan suatu produk. Sehingga lapisan-lapisan pertimbangan yang menghalangi orang untuk order akan menjadi semakin tipis.

Meeting dan Conference Call

Meeting dan conference call sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari bisnis modern. Jika kita ingin mempromosikan sesuatu misalnya sebuah ide, kita harus speak up dalam meeting tersebut. Sekedar berbicara mungkin bisa menyampaikan maksud dengan baik, tapi akan jauh lebih bagus lagi hasilnya bila kita mempunyai kemampuan public speaking.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sering berbicara di depan banyak orang jelas akan meningkatkan kepercayaan diri. Mental juga lebih terlatih sehingga bisa lebih tenang jika dalam kondisi ada tekanan. Apalagi jika materi yang disampaikan ternyata benar-benar bermanfaat bagi audiens, rasa pencapaian dan kepercayaan diri akan semakin meningkat.

Meningkatkan Kemampuan Menjual

Sebagai pebisnis, meskipun posisinya bukan sales, seringkali menemui kondisi dimana kita harus mampu menjual produk atau jasa. Jika kita merasa tidak pandai berbicara atau tidak pandai menjual, maka belajar public speaking akan sangat membantu. Karena berbicara adalah skill yang bisa dipelajari dan dilatih, semakin sering dilakukan akan semakin terasah kemampuan itu.

Guest post oleh Purwanto, blogger di Fanicat.com.

Baca Juga :

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini