Cara Berjualan di Tokopedia untuk Pemula

Cara Berjualan di Tokopedia
Sumber : seller.tokopedia.com

Cara Berjualan di Tokopedia untuk Pemula. Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang cukup recommended untuk digunakan oleh para pebisnis pemula. Jadi, buat Anda yang selama ini ingin memulai bisnis, tapi agak bingung akan menggunakan marketplace apa, nggak ada salahnya untuk mencoba Tokopedia ya.

Kenapa harus Tokopedia? Karena ada banyak sekali keunggulan Tokopedia dibandingkan dengan marketplace yang lain. Salah satunya adalah banyaknya pengguna Tokopedia yang berkunjung dan melakukan transaksi pembelian setiap harinya. Hal inilah yang membuat Tokopedia bisa menjadi ladang basa untuk Anda yang ingin berjualan. Selain itu, tampilannya juga tergolong sangat sederhana, sehingga mudah digunakan. Untuk yang penasaran, berikut merupakan cara berjualan di Tokopedia untuk pemula yang bisa Anda coba.

Cara berjualan di Tokopedia untuk pemula

  1.     Buatlah identitas toko yang jelas

Untuk cara pertama ialah dengan membuat identitas toko yang jelas di Tokopedia. Bagaimanapun, identitas yang jelas menjadi hal yang sangat penting bagi perjalanan bisnis Anda nantinya. Jangan sampai membuat nama anonym ya. Khususnya untuk yang pemula nih. Karena biasanya, para pembeli pasti merasa agak ragu untuk melakukan transaksi di toko yang menggunakan nama anonim dan identitas tidak jelas. Padahal kita tahu, bahwa yang namanya keragu-raguan yang dirasakan oleh pembeli bukanlah pertanda baik terhadap perjalanan sebuah bisnis nantinya.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan nama sendiri, nama suami, nama anak, atau nama apapun, yang penting nama tersebut terkesan professional. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencantumkan deskripsi toko Anda, lengkap dengan barang-barang yang dijual. Cantumkan deskripsi sejelas mungkin. Tuliskan gambaran yang Anda jadikan sebagai keunggulan bisnis Anda dibandingkan dengan toko lain.

  1.     Menggunakan logo toko

Cara berjualan di Tokopedia untuk pemula yang kedua ialah dengan menggunakan logo toko. Meski terlihat tidak penting, namun logo mempunyai peran yang cukup penting terhadap sebuah toko loh. Karena ia juga bisa menjadi identitas sebuah toko. Usahakan untuk tidak mengambil logo dari internet ya. Kalau bisa, buatlah logo yang original. Hal ini agar toko tersebut terlihat profesional dan terpercaya. Jika tidak bisa membuat logo sendiri, Anda dapat menggunakan jasa desainer saja. Harga yang dibutuhkan juga tidak begitu besar kok.

  1.     Buatlah catatan toko

Untuk cara berjualan di Tokopedia untuk pemula yang berikutnya adalah dengan membuat catatan toko. Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat catatan toko adalah, pahami dahulu, bahwasanya catatan toko ini berbeda dengan deskripsi toko. Di mana, catatan toko berisi informasi mengenai toko Anda secara jelas. Adapun catatan yang biasa diterapkan oleh para pebisnis di Tokopedia ialah kebijakan mengenai pengembalian produk, ketentuan same day delivery, seperti apa cara mendapatkan free bubble wrap, dan lain sebagainya.

  1.     Menyediakan ekspedisi yang beragam

Cara yang berikutnya adalah dengan menyediakan ekspedisi atau jasa pengiriman yang beragam. Karena pada umumnya, para pembeli lebih suka membeli di toko yang menyediakan banyak pilihan jenis ekspedisi. Terdapat pertimbangan buyer dalam memilih jasa pengiriman. Mulai dari memilih jasa yang murah, yang lebih cepat, atau yang lainnya.

Selain beberapa cara berjualan di Tokopedia untuk pemula, masih ada banyak cara lain yang juga bisa Anda lakukan. Seperti dengan menyusun etalase barang dagangan sebaik mungkin, kemudian memberikan informasi produk dengan jelas, menawarkan produk lebih murah, dan lain sebagainya. Demikian, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

 

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini