Table of contents: [Hide] [Show]

Tips Berkendara Aman Saat Hujan Deras: Meminimalisir Risiko dan Meningkatkan Keselamatan. Ketika hujan deras, berkendara menjadi sangat berisiko tinggi. Faktor ini disebabkan oleh keadaan jalan yang licin, yang dapat menyebabkan risiko tergelincir atau bertabrakan dengan kendaraan lain. Oleh karena itu, diperlukan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi saat mengemudi dalam kondisi cuaca hujan deras.

Dalam artikel ini, Kami akan menguraikan tips berkendara yang aman saat hujan deras agar Anda dapat mencapai tujuan dengan selamat. Mohon perhatikan informasi berikut sampai selesai yah.

Tips Berkendara Saat Hujan Deras

Berikut adalah tujuh tips berkendara saat hujan deras yang perlu diperhatikan. Mohon perhatikan informasi berikut sampai selesai!

Periksa Kondisi Ban Mobil

Langkah pertama yang disarankan adalah memeriksa kondisi ban, termasuk tekanan udara dan keadaan alur ban. Jika ban sudah aus, disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Ban aus dapat meningkatkan risiko tergelincir terutama saat musim hujan. Selain itu, daya cengkeramannya juga akan menurun.

Selain memeriksa kondisi ausnya ban mobil, penting juga untuk memeriksa tekanan udara pada ban. Kurangnya tekanan udara pada ban mobil dapat menyebabkan ausnya ban dengan cepat. Sementara jika terlalu banyak tekanan udara, traksi ban akan melemah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk secara rutin memeriksa kondisi ban mobil secara teratur.

Baca Juga :  Ketahui Beberapa Jenis-Jenis Visa Di Indonesia Agar Tidak Salah Pilih

Cek Wiper Mobil

Sebelum memulai perjalanan dengan mobil saat hujan deras, disarankan untuk memeriksa kondisi wiper baik di bagian depan maupun belakang mobil. Periksa apakah karet wiper sudah mengeras atau belum. Jika karet sudah mengeras, wiper tidak akan mampu membersihkan kaca dengan sempurna. Hal ini dapat menjadi bahaya karena kaca mobil akan tertutup oleh air hujan, menyulitkan Anda dalam melihat keadaan sekitar.

Oleh karena itu, perhatian yang sungguh-sungguh terhadap kondisi wiper sebelum melakukan perjalanan sangatlah penting. Meskipun terlihat sebagai hal yang sepele, namun memiliki peran yang sangat signifikan terutama saat menghadapi hujan deras. Jika karet wiper sudah mengeras, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. Dengan demikian, keselamatan Anda akan lebih terjamin karena memungkinkan Anda untuk tetap melihat keadaan sekitar dengan jelas.

Atur Suhu AC dan Aktifkan Defogger

Untuk berkendara dengan aman saat hujan deras, disarankan untuk mengatur suhu AC mobil dan mengaktifkan fitur defogger. Ketika hujan deras, disarankan untuk mengurangi suhu AC mobil dan mengarahkan aliran udara AC ke arah atas atau ke tengah antara jok pengemudi dan penumpang. Mengarahkan aliran udara AC ke jendela kanan atau kiri justru dapat menyebabkan kondisi kaca mobil menjadi lebih berkabut.

Selain itu, disarankan untuk mengurangi suhu AC mobil guna mencegah terjadinya embun pada kaca. Memang, langkah ini dapat membuat kabin mobil terasa lebih dingin, namun efektif dalam menghindari kondisi berkabut pada kaca mobil. Selanjutnya, penting untuk tidak mematikan AC mobil, karena tindakan tersebut dapat menyebabkan peningkatan kondisi berkabut pada kaca mobil. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan suhu antara dalam mobil dan luar mobil.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur defogger pada mobil jika mobil Anda dilengkapi dengan fitur tersebut. Fitur ini berfungsi untuk secara otomatis menghilangkan embun pada kaca mobil. Hal ini sangat berguna dalam meningkatkan visibilitas saat berkendara terutama saat hujan deras, terutama saat malam hari. Fitur defogger ini biasanya terletak di kaca belakang mobil.

Baca Juga :  Cara Mengembangkan Usaha Agar Lebih Optimal

Atur Kecepatan Mobil

Tips berikutnya adalah mengurangi kecepatan saat melewati jalanan yang berlumpur atau licin. Hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko terjadinya aquaplaning.

Aqua planning adalah kondisi di mana ban mobil kehilangan cengkeraman pada permukaan jalan karena adanya lapisan air di atasnya. Hal ini disebabkan oleh gaya angkat yang terbentuk oleh genangan air. Dampaknya, pengemudi kehilangan kendali atas kendaraan.

Periksa Kondisi Lampu Mobil

Tips berikutnya adalah memeriksa kondisi lampu mobil sebelum berpergian. Lampu mobil memiliki peran penting dalam mendeteksi objek di depan dan memperjelas pandangan pengemudi.

Pastikan untuk memeriksa lampu depan (lampu jarak jauh dan dekat), lampu sein (kiri dan kanan), serta lampu darurat. Selain itu, periksa juga pengaturan arah lampu, seperti headlight, untuk memastikan visibilitas yang jelas saat melihat sekitar, serta agar mobil Anda dapat terlihat dengan baik oleh orang lain.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa berkendara saat hujan deras meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa tips berkendara yang aman saat hujan deras. Beberapa tips yang perlu diperhatikan adalah memeriksa kondisi ban mobil, memeriksa karet wiper mobil, mengatur suhu AC dan mengaktifkan defogger, mengatur kecepatan mobil, serta memeriksa kondisi lampu mobil. Dengan mengikuti tips-tips ini, keselamatan saat berkendara dalam kondisi hujan deras dapat ditingkatkan.

Baca Juga :  13 Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa yang Akan Membuatmu Merasa Lebih Dekat dengan Keluarga dan Teman!

 

Sumber: https://otonews.co.id

Baca Juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *