Samudrapikiran.com – Ruang Unit Gawat Darurat menjadi salah satu tempat penting yang harus dipasangi CCTV. Pasalnya Unit Gawat Darurat (UGD) menjadi tempat genting yang digunakan untuk melakukan berbagai tindakan penanganan.

Selain itu, penggunaan paket CCTV terbaik juga dapat memantau siapa saja yang keluar masuk ruangan. Apabila ada kegiatan seseorang yang mencurigakan dapat langsung diketahui dan ditindak.

Fungsi CCTV di Unit Gawat Darurat juga dapat membantu melindungi aset UGD yang umumnya berupa alat-alat penting.

Sistem keamanan yang berjalan baik di UGD dapat membuat kinerja karyawan semakin aman dan nyaman. Sehingga, penanganan pasien juga dapat berjalan baik.

6 Tips Memilih Paket CCTV Terbaik di Ruang UGD

Paket CCTV Terbaik untuk Keamanan Ruang Unit Gawat Darurat
Gambar : Freepik

Dalam memilih CCTV yang beredar di pasaran tentu Anda tidak boleh sembarangan. Pastikan Anda menggunakan paket CCTV terbaik agar menghasilkan kualitas hasil rekaman yang jelas dan cerah. Pemilihan yang tepat dapat membuat fungsi CCTV berjalan optimal. Berikut ini tips memilih paket CCTV terbaik di Ruang Unit Gawat Darurat.

1. Cek Spesifikasi CCTV

Tentu hal pertama yang harus Anda pastikan sebelum membeli CCTV yakni mengecek keseluruhan spesifikasi yang ditawarkan CCTV tersebut. Pertama, pastikan CCTV tersebut memiliki body yang kokoh sehingga aman jika diletakkan di outdoor.

Kedua, pastikan memiliki resolusi kamera yang cukup, sehingga mampu menghasilkan gambar yang jelas dan terang. Sesuaikan dengan objek yang ingin diamati dan jaraknya. Mungkin tidak perlu resolusi yang terlalu tinggi.

Anda juga perlu memperhatikan fitur-fitur yang ditawarkan pada CCTV tersebut. Alangkah baiknya, CCTV dilengkapi dengan fitur zoom dan sinar infra merah sehingga mampu menangkap objek meskipun dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Baca Juga :  Rekomendasi PC Desktop Terbaik untuk Kebutuhanmu

Perhatikan fitur-fitur bawaan CCTV apakah cocok digunakan di tempat indoor ataupun outdoor.

2. Pilih Berdasarkan Merek

Merek sebuah barang memang menjadi salah satu faktor penting yang diperhitungkan oleh pembeli. Anda harus pandai memilah milah mana merek CCTV yang menawarkan kualitas yang baik dan masa pakai lama.

Anda juga bisa mengecek berbagai ulasan pembeli sebelumnya yang ada di internet untuk bahan pertimbangan. Pastikan juga Anda mengetahui detail kekurangan dan kelebihan yang dimiliki setiap merek CCTV.

Saat ini banyak beredar merek CCTV di pasaran, namun jika Anda tidak hati-hati dalam memilih tentu akan membuat fungsi CCTV tidak akan berjalan optimal.

Tentu setiap merek memiliki tipe CCTV yang berbeda-beda maka pastikan Anda memilih sesuai peruntukannya.

3.Cek Garansi

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan yakni mengecek garansi CCTV sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Pasalnya, tidak semua paket CCTV terbaik menawarkan garansi pada produknya.

Garansi ini diperlukan jika sewaktu-waktu CCTV mengalami kerusakan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan klaim garansi kepada pembeli.

Jika produk CCTV tersebut rusak dan memiliki garansi tentu perbaikannya akan jauh lebih mudah. Selain itu, apabila diharuskan untuk diganti maka dapat menggunakan produk yang original dari pembelinya langsung.

4. Pertimbangkan Harga

Harga menjadi salah satu faktor utama yang wajib Anda pertimbangkan juga. Pastikan budget yang Anda miliki sesuai dengan harga CCTV.

Baca Juga :  Tips & Tricks for Travel vlogging for going Friendship peak trek

Ada banyak merek CCTV di pasaran dengan beragam jenis harga dan spesifikasi yang ditawarkan. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

5. Pilih CCTV dengan Jangkauan Luas

Fungsi CCTV akan lebih optimal apabila Anda pandai memilih merek CCTV dengan spesifikasi jangkauan yang luas.

Pastikan CCTV tersebut dapat memantau ruangan yang luas, sehingga tidak diperlukan banyak CCTV untuk ruangan indoor maupun outdoor.

Umumnya, CCTV di pasaran memiliki jarak pandang dari 10, 20, hingga 30 meter. Jarak pandang yang diperlukan untuk ruangan indoor dan outdoor. 

Jarak pandang yang ideal untuk CCTV indoor yakni antara 10-20 meter, sedangkan outdoor 30 meter (tergantung pemilihan lensa kamera).

6. Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan CCTV memiliki ukuran yang cukup beragam. Mulai dari HDD ukuran terkecil 1TB hingga ukuran besar bisa sampai up to 4TB.

Apabila digunakan untuk fasilitas umum seperti UGD, maka sebaiknya pilih dengan kapasitas yang besar sehingga dapat menghasilkan rekaman gambar dan video yang utuh.

Perlu juga diingat bahwa resolusi kamera yang tinggi juga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar pula. Hal ini dikarena hasil rekaman lebih jelas dan cerah sehingga ukuran filenya besar.

Anda juga perlu mempertimbangkan budget yang dikeluarkan karena CCTV  dengan kapasitas penyimpanan yang besar tentu dibanderol dengan harga yang tidak sedikit.

Tingkatkan Keamanan Area Unit Gawat Darurat dengan CCTV Hikvision

Unit Gawat Darurat merupakan fasilitas kesehatan yang digunakan untuk penanganan korban terluka. Tempat ini wajib dilengkapi paket CCTV terbaik sehingga mampu memantau keseluruhan aktivitas di dalamnya.

Terlebih, ruang UGD harus dijaga 24 jam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Paket CCTV terbaik tentu akan menjamin pelayanan UGD yang lebih aman dan nyaman.

Baca Juga :  Bukan DPR, Ini Instansi Pemerintahan Paling Korup!

Fungsi CCTV juga akan berjalan maksimal jika Anda memilih CCTV yang berkualitas. Anda bisa mempercayakan paket CCTV terbaik dari Hikvision ColorVu yang memiliki fitur-fitur canggih.

CCTV ini terdapat fitur Zoom yang tentunya menghasilkan gambar yang jelas dan cerah dengan kamera resolusi tinggi. Hikvision ColorVu tidak hanya diperuntukkan untuk ruangan indoor UGD saja, namun juga ada spesifikasi yang cocok untuk outdoor.

Anda dapat mempercayakan paket CCTV terbaik dari Hikvision ColorVu yang memberikan perlindungan optimal bagi ruangan UGD. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya Anda bisa mengeceknya di sini.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *