Apakah Anda sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan mengambil jurusan Bahasa Arab? Apakah Anda bingung dan ragu terkait peluang kerja setelah lulus nanti? Memang, kebanyakan mahasiswa merasa ragu saat hendak/sedang menempuh pendidikan dengah jurusan tersebut. Padahal, prospek kerja Bahasa Arab cukup banyak, seperti halnya jurusan lain.

Yang perlu ditekankan adalah niat dan tekad yang kuat. Kalau sudah memiliki dua senjata itu, Anda akan menemukan kemudahan dalam dunia kerja. Lantas, apa saja peluang kerja yang bisa dipilih oleh lulusan pendidikan bahasa/sastra Arab? Di bawah ini adalah beberapa list peluang kerjanya:

Prospek Kerja Menjadi Guru Bahasa Arab

Prospek paling besar adalah menjadi guru Bahasa Arab. Terlebih, jurusan tersebut memang memiliki visi untuk mencetak pengajar Bahasa Arab yang profesional. Lulusan pendidikan/sastra Arab bisa mengajukan lamaran kerja di lembaga pendidikan tingkat Mts/SMP, MA/SMA, dan juga pesantren. Jadi, peluangnya cukup besar.

Sebagaimana yang kita tahu, bahwasannya satuan pendidikan di Indonesia, khususnya madrasah dan pesantren sangatlah banyak. Namun, tidak semua pengajar Bahasa Arab sesuai dengan latar belakang pendidikan. Berdasarkan fakta selama ini, kebanyakan yang mengajar Bahasa Arab adalah para lulusan PAI. Padahal, dua jurusan tersebut seharusnya berbeda.

Maka, ini adalah kesempatan emas untuk para mahasiswa pendidikan/sastra Arab. Jurusan tersebut akan menjadi pertimbangan penting bagi kepala sekolah. Ini karena setiap guru memang harus linear antara bidang yang diampuh dengan jurusannya. Dengan begitu, apa yang diajarkan kepada peserta didik jauh lebih pas/baik.

Prospek Kerja Menjadi Penerjemah

Sebagaimana jurusan bahasa asing lainnya, lulusan jurusan Bahasa Arab juga bisa menjadi penerjemah. Dalam hal ini, Anda bisa membuka jasa penerjemah, ikut agensi, atau bekerja di perusahaan tertentu. Sementara dalam praktiknya, Anda bisa menerjemahkan dokumen penting, novel, buku, dan sebagainya.

Masih ingat dengan buku yang berjudul La Tahzan, kan? Sebenarnya, buku tersebut berbahasa Arab. Lalu, diterjemahkan ke dalam bahasa nasional kita, Indonesia. Jika dikalkulasi, pendapatan penerjemah tersebut pasti sangat melimpah mengingat setiap lembar nominalnya cukup besar. Apalagi, buku La Tahzan mendapatkan label Best Seller. Sangat menggiurkan, bukan?

Prospek Kerja Menjadi Penulis Bahasa Arab

Prospek kerja Bahasa Arab selanjutnya adalah penulis. Sekarang, penulis menjadi pekerjaan yang cukup menggiurkan. Anda bisa saja menjadi penulis Arab, baik daei segi bahasa, konten, dan sebagainya. Tidak perlu bingung. Anda bisa memanfaatkan platform tertentu, seperti blogger gratisan, website berbayar, dan sebagainya. Ini bisa menjadi tambahan portofolio ketika Anda hendak meningkatkan jenjang karir.

Jika memungkinkan, Anda bisa menulis buku-buku Bahasa Arab. Setelah itu, Anda tinggal mengirimkan ke penerbit untuk mengurus percetakan/penerbitannya. Tentu saja, Anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu untuk menyukseskan segala proses yang ada.

Prospek Kerja Menajadi Tutor Lembaga Kursus

Di era ini, banyak sekali orangtua atau bahkan pelajar itu sendiri lebih menyukai belajar di lembaga kursus. Alasannya adalah sistem pembelajarannya lebih fokus dengan bidang yang dipilih. Ini bisa menjadi peluang untuk mendirikan lembaga kursus Bahasa Arab. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa ikut bergabung di lembaga lain dan bertugas sebagai tutor Bahasa Arab.

Jika dibandingkan, honor di lembaga kursus dengan lembaga pendidikan formal jauh lebih besar. Per jamnya bisa mencapai 50 hingga 100 ribu. Maka, tenaga dan pikiran Anda tidak akan sia-sia. Meski begitu, Anda tetap harus meluruskan niat saat mengajar. Karena memang, pekerjaan ini tidak sekadar berhubungan dengan urusan duniawi, tetapi juga ukhrowi.

Apakah cuma pekerjaan di atas untuk para lulusan Bahasa Arab? Tentu saja tidak. Masih ada banyak lagi prospek kerja Bahasa Arab. Anda tingga memilih mana yang paling sesuai dengan bakat. Semoga sukses selalu!

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *