Shalawat merupakan salah satu obat hati. Bahkan sholawat juga bisa menjadi media doa untuk meminta pertolongan kepada Allah. Kita tentu tahu, bahwa sholawat itu banyak sekali ragamnya. Salah satunya adalah shalawat Munjiyat. Lantas, adakah fadhilah amalan shalawat Munjiyat? Tentu saja ada.

Menurut Syaikh Muhammad Haqqi an Nazili dalam kitabnya, Khozinatul Asror, macam.sholawat mencapai 4000. Dari semua shalawat tersebut, yang termasuk paling masyhur adalah sholawat Munjiyat. Shalawat Munjiyat erbukfu mampu menghapus segala kesusahan dan permasalahan hidup. Bahkan, shalawat tersebut juga membantu terkabulnya berbagai bentuk hajat.

Kira-kira, apa saja keutamaan membaca shalawat munjiyat? Lalu, bagaimana cara pengamalannya? Berikut penjelasannya:

Fadhilah Amalan Shalawat Munjiyat

Secara bahasa, Munjiyat berarti keselamatan. Artinya, shalawat ini merupakan doa untuk memohon keselamatan serta perlindungan kepada Allah. Itulah sebabnya, shalawat tersebut dijadikan sebagai amalan khusus untuk membentengi diri dari segala bencana/musibah. Tidak hanya itu, hajat/keinginan juga cepat terkabul.

Hal tersebut sesuai dengan dawuh Syaikh Syaikh Muhammad Haqqi an Nazili. Menurut guru-guru beliau, shalawat Munjiyat diibaratkan sebagai gudang keagungan Arsy. Siapapun yang mengamalkannya setiap malam (tepatnya tengah malam) sebanyak 1000x, Allah akan mengabuokan hajatnya, baik hajat dunia ataupun akhirat.

Baca Juga :  SISKO Solusi pengelolaan administrasi sekolah dan pembelajaran digital

Syaikh Syaikh Muhammad Haqqi an Nazili juga mengatakan bahwa shalawat Munjiyat memang sangat muarab/masyhur. Dengan sholawat tersebut, doa lebih cepat terijabah, melebihi kecepatan kilat yang menyambar.

Tata Cara Amalan Shalawat Munjiyat

Menurut KH. Ahmad Jauhari Umar, kita bisa membaca shalawat Munjiat setiap hari, tepatnya setiap selesai shalat wajib. Untuk numlahnya seduai kemampuan, mulai dari satu hingga 1000x.

Secara khusus, jika kita memiliki hajat, ada baiknya mengikuti tata cara amalan Munjiyat. Apabila hajat kita biasa (dalam artian, tidak begitu besar), maka kita membacanya setiap hari sebanyak 100 hingga 313 kali.

Sementara, apabila hajat kita tergolong besar, kita dianjurkan membaca Munjiyat selama tiga hingga tujuh malam sebanyak 1000 kali. Kita bisa melakukan amalan tersebut setiap selwsai shalat hajat. Tidak lupa, sebelum membaca shalawat Minjiat, kita sebaiknya bertawasul terlebih dahulu.

Sebenarnya, selain fadhilah amalan shalawat Munjiyat di atas, ada juga fadhilah lain dari Munjiyat. Tentu saja, cara mengamalkannya tidak sama. Dalam artian, kita harus menerapkan tata cara tertentu berdasarkan harapan kita. Lantas, apa saja? Langsung saja. Simak penjelasan berikut:

Anak tidak nakal

Amalan ini diberikan oleh KH. Chalwani Nawawi Berjan Purworejo yang mana sumbernya adalah Mbah Dalhar Watucongol. Menurut beliau, Munjiat bisa melembutkan hati anak, menjadikannya tidak nakal atau tetap berada di jalan yang benar.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan membaca Munjiyat setiap weton (hari kelahiran anak) sebanyak 1000 kali. Kita bisa melakukannya sebelum si anak memasuki jenjang taman kanak-kanak.

Baca Juga :  Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru PTKIN 2024

Bagaimana jika si anak sudah masuk TK? Sebenarnya, tidak apa-apa. Kita masih bisa memgamalkannya senhan niat qodlo’. Fadhilahnya masih sama, yaitu menjadikan si anak baik dan tidak nakal ketika bergaul dengan siapapun.

Cita-cita cepat terwujud

Cita-cita juga termasuk hajat. Artinya, Munjiyar bisa menjadi wasilah untuk menggapai cita-cita. Caranya yaitu dengan membaca Munjiyat 500 kali setiap hari. Insyaa Allah, cita-cita akan cepat terwujud.

Anak Sholih/Sholihah

Sebenarnya, ini hampir sama dengan poin satu. Namun, fokus dan caranya berbeda. Kita dapat mengamalkan ini tepat setelah anak lahir ke dunia, yaitu membacakan Munjiyat di hari tersebut sebanyak 41 kali. Atas izin Allah, anak tersebut akan tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat, alim, dan sholeh/sholehah.

Itulah beberapa fadhilah amalan shalawat Munjiyat beserta cara mengamalkannya. Semoga bermanfaat!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *