Pentinganya Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak di Masa Pandemi.Pandemi Covid-19 telah mengubah cara kerja pendidikan saat ini. Perkembangan belajar seorang anak selalu ditempatkan pada tanggung jawab sekolah. Namun, di masa pandemi, keterlibatsan orang tua menjadi vital dalam dunia pendidikan. Keterlibatan orang tua dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran dalam di rumah.Dengan demikian, juga dapat mempengaruhi perkembangan akademik anak.

keterlibatan orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap prestasi akademik anaknya. pentinganya keterlibatan orang tua dalam Pembelajaran Anak di masa pandemiseharusnyadilakukan oleh setiap orang tua, namunmasih terdapat orang tua yang masih belum terlibat secara langsung. keterlibatan orang tua sangat penting dalam pendidikan anakkarena dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemapuan diri.

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Peran orang tua dalam mendampingi keberhasilan anak selama belajar di rumah sangat sentral, sehubungan dengan hal tersebut dikeluarkan berbagai pedoman bagi orang tua dalam mendampingi anaknya di masa pandemi ini, yang meliputi tips penting agar lebih aktif dan konstruktif dalam mendampinginya. Orang tua pada awalnya berperan dalam membimbing sikap dan keterampilan dasar, seperti pendidikan agama untuk mentaati aturan, dan untuk pembiasaan yang baik, namun perannya menjadi meluas, yaitu sebagai pendamping pendidikan akademik.

Dalam hal pendidikan formal, orang tua lebih berperan sebagai penyedia. Memastikan bahwa anak-anak memiliki sarana dan dukungan yang diperlukan untuk mengakses pendidikan dan pembelajaran. Sejak pandemi dimulai, orang tua sekarang mengambil peran yang lebih berorientasi pada dukungan dengan mendukung anak-anak mereka saat mereka sedang melakukan pembelajaran.

Jadi bagaimana orang tua dapat mendukung pendidikan anak-anak mereka selama ini dan bahkan setelah sekolah dibuka kembali? Berikut adalah beberapa pemikiran:

Menjaga komunikasi dengan guru

Setiap orang tua harus mengembangkan kebiasaan untuk menjaga komunikasi yang konstan dan berkelanjutan dengan guru yang terlibat dengan anak-anak mereka. Dengan pembelajaran jarak jauh, menjadi lebih mudah bagi keluarga untuk memiliki kontak satu lawan satu dengan guru baik melalui email kantor atau nomor telepon kantor.

Bagikan pengalaman sekolah pribadi Anda

Orang tua harus selalu menyediakan waktu untuk berinteraksi dengan anak-anaknya dan berbagi pengalaman baik positif maupun negatif selama mereka sebagai siswa. Jangan ragu untuk membagikan momen kejayaan mereka sebagai siswa dan saat-saat menyakitkan yang membentuk mereka menjadi orang seperti apa adanya.

 

Pantau kemajuan akademik mereka

Sekarang anak-anak belajar dari rumah, orang tua memiliki begitu banyak visibilitas ke dalam pelajaran yang terjadi di kelas. Luangkan waktu dan diskusikan pelajaran atau tugas yang diberikan. Ini juga merupakan kesempatan bagus untuk membahas laporan akademis mereka bersama mereka dan mengajukan pertanyaan tentang kinerja mereka di bidang yang membutuhkan bantuan.

Hargai hasil positif

Siswa yang berprestasi baik akan mempertahankan hasil yang baik jika mereka secara teratur diapresiasi. Ini akan terus memotivasi mereka untuk bekerja keras setiap saat dan mempertahankan harapan yang tinggi.

Penuhi kebutuhan dan keinginan serta dukunglah mereka jika diperlukan

Mencoba memerintah anak-anak Anda dengan tangan besi mungkin hanya berhasil ketika mereka masih muda tetapi setelah mencapai usia remaja, ini mungkin jalan yang sulit untuk dilalui. Orang tua harus terbuka untuk anak-anak mereka dan harus menunjukkan komitmen untuk mendukung mereka dengan cara apa pun yang memungkinkan.

Demikianlah pembahasan tentang pentinganya teterlibatan orang tua dalam PembelajaranAnak di masa pandemi. Terimkasih dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

baca artikel wisata menarik lainya di Wisatarakyat.comdan dapatkan informasi menarik lainya di samudrapikiran.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *