Kuliah Sambil Kerja ? Ini Dia Alasan Dan Keuntunganya

Kuliah Sambil Kerja
sumber : www.folderbisnis.com

Kuliah Sambil Kerja ? Ini Dia Alasan Dan Keuntunganya. Status perekonomian Indonesia yang sedari dulu masih menjadi PR bangsa ini. Seakan menjadi PR yang entah kapan akan selesai. Salah satu penyebab dari kemiskinan bangsa ini adalah banyaknya pengangguran.

Alasan Kenapa Kuliah Sambil Kerja Itu Bagus Untuk Masa Depan Kamu

Mahasiswa yang kebanyakan dari kalangan muda sangat dibutuhkan untuk membangun perubahan pada negeri ini. Presiden pertama Indonesia Soekarno pernah mengatakan “Berikan aku sepuluh pemuda maka akan aku guncangkan seluruh dunia”. Hal ini menunjukan betapa sangat berharganya jiwa dan raga seorang pemuda.

Raga dan jiwanya masih kuat, semangatnya berkobar, semua hal bisa dilakukannya. Jika pemudanya mau bersatu dalam semangat, maka negara ini akan maju dan berkembang. Bukan tidak mungkin bisa bangkit dari keterpurukan yang selama ini dirasakan oleh bangsa Indonesia.

Salah satu faktor yang menyebabkan kemiskinan adalah kurangnya pendidikan. Tidak dipungkiri pendidikan adalah satu faktor seseorang mendapatkan pekerjaan. Walaupun tidak harus mendapatkan pendidikan secara formala atau bangku sekolah.

Pendidikan bisa diperoleh dari mana saja, asalkan ia mau belajar. Tanpa pendidikan masyarakat kita akan lebih sulit untuk mendapatkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang tertentu. Dalam bekerja tidak melulu pengetahuan yang dibutuhkan, tetapi juga keahlian dalam bidang tertentu.

Minimnya pengetahuan dan keahlian menjadikan rendahnya kualitas SDM di negeri ini, sehingga menyebabkan pengangguran semakin meningkat. Salah satu harapan bangsa ini adalah menjadikan pemudanya giat untuk bekerja.

Walaupun pada kenyataannya hanya sedikit sekali kita jumpai seorang mahasiswa yang mau kuliah sambil kerja. Kuliah seharusnya tidak menjadikan para mahasiswa enggan untuk bekerja. Walaupun hanya sekedar pekerjaan ringan untuk menghindari waktu kosong.

Karena waktu kosong jika tidak diisi untuk hal-hal yang positif, maka akan dikuasai dengan hal-hal negatif. Terlebih seperti kita ketahui bagaimana kehidupan kampus, bagaimana pergaulan yang terjadi di sekitar kampus.

Seumuran anak kuliahan inginnya hidup bebas dan enggan untuk diatur. Seharusnya mereka bisa mengisi waktu-waktu kosong untuk hal-hal yang positif, salah satunya bekerja. Selain bisa belajar juga untuk membantu kehidupan dirinya sendiri, setidaknya bisa untuk memenuhi keperluan hidupnya.

Selain itu ketika kamu sudah mulai kerja waktu kuliah, dia akan mendapatkan pengalaman berharga yang bisa digunakan untuk bekal setelah lulus nanti, dengan pengalaman tersebut kamu akan jauh lebih mudah untuk melanjutkan jenjang kehidupan setelah selesei masa belajar

Keuntungan Kuliah Sambil kerja

  1. Meningkatkan kualitas diri

Memang kuliah sambil bekerja itu tidak mudah, tetapi sebenarnya jika dilakukan itu bisa dan tidak ada yang tidak mungkin. Belajar mandiri, tidak terus-terusan minta uang sama orang tua. Menambah relasi, dengan bekerja maka akan bertemu orang-orang baru yang akan membuka pikiran jadi berpikir lebih luas kedepan.

  1. Cermat membagi waktu

Setiap manusia itu sama mempunyai waktu 1 hari 24 jam. Hanya orang-orang bijak saja yang bisa memanfaatkan waktunya dengan baik. Dengan terlatih mengisi waktu dengan kesibukan, maka akan sangat menghargai waktu. Harus benar-benar bijak dalam mengolah waktu karena waktu tidak bisa kembali diulang.

  1. Menjadikan diri makin kuat

Selain banyaknya tugas dan berbagai masalah yang didapati dalam perkuliahan, serta ditambah permasalahan yang didapat dalam pekerjaan. Semua itu tidak menjadikan dirimu semakin lemah, justru akan melatih hatimu semakin menjadi manusia yang kuat. Membantumu belajar menjadi manusia kuat sebelum kamu benar-benar terjun dalam dunia kerja yang keras.

  1. Bijak mengelola uang

Seorang yang sudah bekerja dia akan lebih bijak dalam menggunakan uang. Karena dia tahu rasanya mencari uang sendiri, pasti akan berbeda memperlakukan uang pemberian orang tua dan uang hasil jerih payah sendiri.

Fokus untuk kuliyah memang bagus, akan tetapi akan lebih baik lagi jika kamu punya pengalaman lain yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapai masa depan setelah selesei kuliyah. dan kuliah sambil kerja ini bisa kamu menjadi pilihan tepat untuk menambah pengalaman kamu

Baca juga :

baca artikel wisata menarik lainya di Wisatarakyat.comdan dapatkan informasi menarik lainya di samudrapikiran.com

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini