SamudraPikiran.com – Landing page merupakan sebuah halaman yang berbentuk sebuah website dan didesain khusus dengan mindset marketing. Halaman tersebut nantinya akan ditampilkan ketika pengunjung hendak mengakses sebuah website dari hasil pencarian berbayar. Di era digital ini para pebisnis hendaknya mengetahui landing page dan fungsinya agar tetap mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini.

Adanya landing page tentu akan dapat meningkatkan pengalaman pengunjung di sebuah website. Jika seorang pengunjung sudah terlanjur nyaman, mereka tentu akan membeli produk dan akan melakukan aktivitas online lainnya sesuai yang Anda harapkan.

Fungsi lain dari landing page agar dapat meningkatkan sebuah keuntungan penjualan. Bagi para pebisnis, dengan adanya landing page merupakan kesempatan yang berharga dalam memperoleh informasi pengunjung. Bahkan, pengunjung pun akan bersedia untuk memasukan data pribadinya meliputi nomor telepon, email, jenis kelamin dan usia.

Fungsi Landing Page

Pebisnis wajib tahu bahwasannya landing page sangat bermanfaat bagi bisnis yang sedang dijalankan. Beberapa fungsi dari landing page antara lain sebagai berikut!

1. Sebagai Sarana Promosi

Fungsi yang pertama dari landing page adalah sebagai media sarana berpromosi. Dengan landing page Anda bisa memasukkan informasi-informasi singkat dengan tulisan yang besar terkait apa yang akan Anda promosikan. Misalnya saja, jika Anda memiliki beberapa jenis produk yang perlu dipromosikan, Anda pun hanya perlu untuk menonjolkan salah satu promosinya dalam landing page.

Baca Juga :  Yuk Ketahui Rincian Modal Jualan Bakso Bagi Pemula

2. Meningkatkan Conversion Rate dalam Berpromosi

Selain sebagai fungsi sarana berpromosi, landing page juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan conversion rate. Tentu saja, pengunjung tidak hanya hadir ke dalam situs Anda. Pengunjung juga dapat melakukan sebuah aksi yang Anda inginkan. Seperti berlangganan newsletter atau bahkan ingin membuat sebuah akun.

3. Untuk Mendapatkan Data Leads

Fungsi selanjutnya dalam landing page adalah untuk mendapat data leads. Sebenarnya hal ini tergantung dengan jenis landing page yang akan Anda gunakan. Pada umumnya landing page sendiri akan meminta sebuah informasi dari pengunjung, seperti nama, email, umur, dan bahkan jenis kelamin. Maka dari itu, sebaiknya Anda harus sudah memiliki informasi dasar tentang pengunjung agar dapat melakukan analisis lebih lanjut.

4. Meningkatkan Penjualan

Penelitian dari Omniture menyebutkan bahwasanya penggunaan landing page bisa meningkatkan konversi penjualan mencapai 25%. Hal ini dikarenakan halaman tujuan bisa membuat transaksi jual beli menjadi lebih mudah, dianggap lebih nyaman dan disukai pelanggan. Pelanggan bisa mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli secara efisien.

Landing Page Efektif

Berikut ini adalah contoh landing page yang efektif. Landing page di bawah ini setidaknya dapat menjadikan referensi untuk membuat atau memperbaiki landing page yang Anda miliki.

1. Airbnb

Airbnb adalah salah satu bidang yang bergerak pada persewaan properti. Oleh karena itu, perusahaan startup ini menjalin kerjasama antara para pemilik properti, dengan orang-orang yang tertarik untuk bisa memanfaatkan properti tersebut.

Baca Juga :  15 Ide Bisnis Makanan Tren di 2024: Peluang Menarik untuk Dijajal

Bahkan, Airbnb pun turut melakukan perluasan layanannya. Layanan yang dibuka adalah wisata yang bisa diatur dengan airbnb.

2. Neil Patel

Sebagian masyarakat tentu sudah mengenal Neil Patel. Neil Paten adalah seorang penulis dan praktisi pemasaran yang memiliki pengaruh besar di dunia. Bahkan, di dalam website resminya, beliau mampu menyajikan beberapa macam tools dalam kegiatan marketing. khususnya, seluruh tools yang digunakan agar dapat melakukan optimasi kinerja website.

3. Uniqlo

Berikutnya ada Uniqlo, salah satu clothing brand bertaraf internasional ini sangat disukai oleh para generasi milenial. Karena identik dengan penggunaan pakaian yang sederhana, bersih, membuat mereka sangat terkenal. Bahkan, dalam membuat landing page yang bernuansa simpel, Uniqlo selalu menampilkan latar putih dan logo pada bagian atasnya.

Nah, itulah beberapa penjelasan dari landing page dan fungsinya, landing page sendiri adalah sebuah situs bisnis yang dibuat untuk dapat meningkatkan keuntungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

aca juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *