Tips Penting Memulai Bisnis Yang Bagus Untuk Pemula. Mungkin karena melihat peluang dan potensi dalam sebuah bisnis, akhirnya anda tertarik untuk mencoba memulai bisnis sendiri. Ide untuk memiliki bisnis sendiri tentunya sangat menarik terutama ketika Anda membayangkan diri Anda menjadi bos bagi diri Anda sendiri. Sehingga Anda juga bersemangat untuk memulai bisnis Anda sendiri.

Namun, bagaimana jika kita termasuk yang tidak punya skil yang baik dalam hal bisnis. Tentu ini akan menjadi problem tersendiri buat anda dalam “bagaimana cara cara memulai usaha, bagaimana jika ada masalah dan kendala, dan bagaimana dengan modal dan pembiayaan”.

Namun, anda jangan terlalu kawatir memikirkan soal modal, skil atau pengalaman. Karena itu semua bukanlah patokan anda tidak bakal maju.

Pasalnya, selain faktor itu semua,  ternyata ada kualitas lain yang harus Anda miliki agar sukses memulai usaha sendiri.

Maka dari itu, artikel ini hadir untuk memberikan edukasi bisnis bagi pemula, keahlian yang harus dimiliki oleh pebisnis pemula, 10 bisnis pemula yang paling diminati dan tanpa modal, dan cara agar bisnis tetap untung.

Setidaknya kita akan memahami:

  • Mengenal Bisnis untuk Pemula.
  • Keahlian yang Harus kalian punya untuk memulai bisnis.
  • 10 ide Bisnis Pemula yang Paling Diminati Tanpa Modal Besar.
  • Bagaimana Cara Mengatur Bisnis Pemula agar Tetap Untung.

Memahami Bisnis Untuk Pemula

Di masa awal-awal kita memulai bisnis, pati akan terasa sangat susah dan sulit, karena memang tidak ada jalan pintas dalam membangun sebuah bisnis.

Bisnis mulai dari yang terkecil, maupun sampai yang besar itu tetap memiliki penanganan khusus.

Kita harus pandai mengatur usaha secara efektif agar energi kita tidak terbuang sia-sia.

Maka dari itu, mari kita simak cara memulai bisnis yang benar dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Miliki Pelatih Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita juga memerlukan mentor atau pelatih. Langkah-langkah yang tepat dan terarah akan mereka lakukan untuk kita sebagai yang lebih berpengalaman.

Namun, pelatih sebenarnya tidak melulu orag luar yang bayarannya mahal, suami, teman, dan wirausaha yang Anda kenal.

  1. Menggali Wawasan Seluas-luasnya

Hal yang sangat krusial yang harusnya dilakukan oleh para pemula dalam bisnis adalah menggali wawasan sedalam-dalamnya, terutama apa yangmau kita mulai dalam bisnis (pengetahuan).

Adapun beberapa aspek dalam ilmu bisnis yang perlu anda gali adalah:

  • Bagaimana sistem dan cara memulai bisnis.
  • Bagaimana membuat visi atau rencana bisnis.
  • Membuat rancangan marketing yang tepat.
  • Membuat branding.
  • Pengemasan
  • Distribusi produk, hingga hal yang sederhana dan administrasi perusahaan lainnya.

Jika anda tidak mau mengeluarkan terlalu banyak modal, anda bisa mengikuti komunitas, ikut seminar murah-murahan. Lihat-lihat tutorial membuat bisnis di internet.

  1. Lakukan Penelitian

Lakukan penelitian mendalam seputar produk yang akan anda garap. Lakukan juga analisis pasar dan kompetitor, yaitu dalam hal bagaimana kualitas produk atau layanan mereka dan bagaimana cara mereka mendekati pasar.

Keahlian yang Harus Dimiliki Pebisnis Pemula

Anda harus merencanakan sebuah bisnis secara matang, karena selain wawasan dan pengetahuan. Keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang pebisnis pemula dalam memulai dan mengambangkan bisnis.

Berikut ini beberapa di antaranya.

Keuletan

Pada awal usaha kalian dimulai, sudah pasti kalian akan mengalami banyak kendala atau rintangan.

Maka dari itu, jika kalian gigih dan ulet, sikap ini akan membantu anda menghadapi beragam kendala yang akan membuat anda putus asa.

Kesabaran

Hampir mirip sih dengan sikap ulet, sabar dalam bisnis adalah kualitas yang harus kalian miliki jika inginmemulai usaha.

Dengan sikap sabar, anda akan terbantu dalam menghadapi para customer dengan beragam karakter.

Percaya diri

Dalam memajukan usaha anda, anda harus bisa membuat orang lain terpengaruh dengan ide-ide anda.

Jadi, rasa percaya diri ini sangat penting guna mempengaruhi orang lain.

Jika anda punya rasa percaya diri yang bagus, maka orang lain akan ikut percaya, mendukung hingga mau bekerja sama dengan anda.

Kreativitas

Percaya diri tidak cukup, anda juga harus bisa berkreasi dalam menjaga dan mengembangkan bisnis anda.

Anda bisa mencoba melakukan inovasi bisnis, hingga bisnis Anda memiliki ciri khas unik dan menarik konsumen.

7 Ide Bisnis Pemula Paling Diminati Tanpa Keluar Modal Besar

Jika anda ingin sekali punya bsinsi, tidak ada salahnya kami meberikan refrensi ide bisnis yang saat ini peminatnya sangat banyak. Bahkan tanpa keluar modal besar.

Laundry kiloan

Salah satu bisnis yang tidak ada matinya adalah laundry kiloan, apalgi jika lokasinya berada di daerah perkantoran atau kampus. Pasti banyak penggunanya.

Jualan pulsa elektrik

Bisnis yang bisa dibilang minim modal adalah bisnis pulsa eletrik.

Bagaimana mencari pembelinya?

Anda bisa enjadikan teman kerja/kantor, teman kost, teman nongkrong atau keluarga/sanak famili sebagai target pasar pertama. Lihat deh tips pinjam pulsa telkomsel 50 ribu untuk belajar.

Desain grafis

Sebenarnya desain grafis ini membutuhkan modal kecil (minim) karena hanya membutukan kreativitas. Kalin bisa mencoba mendesain logo, kartu nama, maskot, desain baju, booth, atau interior.

Langkah awal, anda bisa mencoba memasarkannya ke teman-teman dulu, rekan kerja. Jika sudah mulai jalan bisa bikin sistem marketing yang lebih jauh.

Membuat kue

Jika ada diantara kalian yang pernah belajar membuat kue, punya skil dibidang ini, silahkan kalian coba bikin bisnis kue.

Jika memang kalian pernah membuat kue, pasti kalian sudah tidak asing dan punya beragam alat-alatnya. Tinggal anda beli bahan-bahan pembuatannya saja.

Kue juga luas pemasarannya, namuan anda bisa coba menjualnya disekitaran rumah anda dulu.

Berjualan katering

Mirip dengan bisnis kue, untuk memulai bisnis katering, setidaknya anda harus bisa memasaknya.

Target pasarnya bisa teman kantor, anak-anak sekolah. Modal yang perlu disiapkan hanyalah buat beli bahan-bahan atau biaya pengantaran katerings saja.

Makelar properti

Tidak mau yang receh-receh, yok agak ketas. Kita bisa memilai bisnis properti, karena bsinsi ini harganya terus naik.

Ada cukup banyak peluang dalam pembelian properti, pasalnya kebutuhan masyarakat akan hunian juga semakin meningkat.

Mulailah dengan ikut sistem marketing perusahaan induknya dulu, maka anda bisa belajar dan mendapatkan komisi dan bonus jika properti yang anda tawarkan terbeli.

Menjadi Agen Umroh

Bisnis yang tak kalah menjanjikan selanjutnya adalah bisnis agen umroh, apalagi jika melihat tingginya minat masyarakat Indonesia untuk umroh.

Seperti biasa, yang perlu kalian lakukan dalam sistem bsinsi ini hanyalah mencari parner induk bsinsi, lalu ikut memasarkannya via medsos/langsung ke teman atau lingkukan daerah kalian.

Komisinya juga bisanya lebih besar mengingat bsinis ini nilainya cukup besar. Demikanlah penjelasan seputar tips memulai bisnis dan juga ide-ide menarik seputar bisnis.

Baca juga :

 

 

 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *