SamudraPikiran.com – Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk melamar ke perusahaan atau instansi manapun. Tentunya bagi Anda yang akan memulai karir, penting untuk mengetahui cara membuat CV yang baik dan benar untuk melamar pekerjaan.

CV sendiri merupakan dokumen yang berisi tentang gambaran singkat tentang perjalanan hidup seseorang. Isi CV biasanya meliputi nama, tanggal dan tempat lahir, riwayat pendidikan, riwayat pengalaman, riwayat keahlian, prestasi dan kontak pribadi.

Dengan CV, Anda akan mudah dikenali oleh HRD atau bos perusahaan. Selain itu, bisa juga berfungsi sebagai pengidentifikasi utama perekrut sebab sebelum wawancara, perekrut biasanya terlebih dahulu meninjau CV kandidat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat CV untuk lamaran kerja. Simak penjelasannya:

1. Buat deskripsi diri Anda singkat dan menarik

Saat menyiapkan CV untuk melamar, Anda dapat menjelaskan citra diri Anda, yang mencakup kepribadian, hobi, dan aktivitas Anda di semua aktivitas yang Anda ikuti. Buat garis besar tujuan Anda sesuai saat melamar ke perusahaan.

Juga, pertimbangkan keahlian Anda dan bersiaplah untuk kesepakatan. Ingatlah bahwa Anda hanya perlu menulisnya secara singkat dan menghindari deskripsi yang panjang.

Baca Juga :  3 Cara Sukses Bisnis Online dengan Banyak Pelanggan

2. Buat daftar pengalaman

Jika Anda seorang pelajar dan ingin melamar pekerjaan atau magang, Anda dapat menjelaskan kegiatan apa yang Anda ikuti. Misalnya, menjadi sukarelawan di kegiatan dalam kampus atau di luar kampus.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kegiatan dalam organisasi dan pengalaman magang. Tentu saja, jelaskan hal-hal ini dengan jelas, misal termasuk waktu dalam pengalaman yang telah Anda ikuti.

3. Buat CV singkat, padat dan jelas

Buatlah CV yang singkat, padat dan jelas. Karena HR menyaring ratusan kandidat baru, jadi HR tidak mungkin membaca semua yang ada di resume Anda.

4. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Gunakan bahasa dan istilah yang mudah dipahami untuk mendeskripsikan sesuatu di resume Anda. Pelamar didorong untuk menggunakan kata-kata profesional tetapi ditulis dalam kalimat sederhana.

5. Hindari kesalahan ejaan

Menurut survei AS tahun 2016, hampir 60% resume yang dibaca oleh perekrut mengandung kesalahan ketik.

Kesalahan ketik tersebut dapat mengurangi profesionalisme dan menyebabkan kesalahan dalam membaca informasi resume.

6. Maksimalkan tulisan dalam satu halaman

Saat membuat resume, sebaiknya bisa meringkas dan memaksimalkannya dalam satu halaman. Hal ini agar pembaca tetap tertarik untuk membaca resume dan menghindari kebosanan. Karena kunci penulisan saat membuat resume adalah ringkas dan sederhana.

Dan untuk cara pengiriman CV dengan email agar terlihat tetap profesional, Anda bisa pelajari tatacaranya melalui Cahloker.com.

Baca Juga :  Ide Bisnis Dropship Tanpa Modal yang Menguntungkan

Itulah 6 hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV. Sekarang buatlah CV Anda sesuai penjelasan diatas. Semoga bisa lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Baca juga :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *