Penulis : Rizka Marcella

Kebijakan publik merupakan salah satu keputusan yang dibuat oleh lembaga negara atau oleh pejabat pemerintah dengan tujuan untuk mengatur kehidupan publik baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu kebijakan publik juga berfungsi untuk mewujudkan ketertiban masyarakat luas demi terwujudnya pembangunan. Jika dalam pengimplementasian kebijakan publik berjalan dengan baik, kualitas hidupa masyarakat juga akan terjamin sehingga kebijakan public merupakan salah satu aspek penting dalam praktek kehidupan bernegara.

Kebijakan publik harus menyesuaikan 3 hal yaitu berlandasakan analisis dan bukti sehingga kebijakan tersebut akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, yang kedua dirancang sesuai dengan kapasitas operasional sehingga dapat terelaisasikan bukan hanya diatas kertas tetapi tidak realistis, dan yang terakhir adalah mendapatkan dukungan politik dari berbagai pemangku kepentingan salah satunya dengan proses yang parsipatif.

Namun kebanyakan kebijakan publik di Indonesia belum memenuhi tiga faktor tersebut, kebanyakan kebijakan publik yang dibuat oleh lembaga di Indonesia kurang berorientasi pada dampak, salah satu contohnya terdapat berbagai tantangan dalam pengimplementasian kebijakan. hal ini dikarenakan jumlah praktisi kebijakan publik yang masih terbatas baik secara teknis maupun strategis, selain itu masih adanya kesenjangan infrastruktur antar daerah, demokrasi yan masih semu dan belum sepenuhnya partisipatif Karena di Indoensia sendiri pengambilan keputusan baik legislatif maupun eksekutif belum sepenuhnya transparan dan partisipatif.

Baca Juga :  Explorasi Peluang Bisnis Kreatif di Bidang Fashion

Keberhsilan pembangunan sangat tergantung pada peran negara maupun masyarakat. Keduanya harus bisa menciptakan sinergi sehingga tanpa adanya partisipasi masyarakat pemerintah tidak dapat mencapai pembangunan yang maksimal. Semua elemen partisipan sangat berperan dalam mempengaruhi kebijakan yang akan dibentuk, sehingga kebijakan public harus sesuai dengan kepentingan bersama. Dalam pemerintahan demokratis, masyarakat merupakan kunci utama dalam pemerintahan. Namun pembangunan tidak hanya membutuhkan keterlibatan masyarakat saja, namun perlu adanya strategi yang tepat agar lebih efisien dan efektif secara finansial. Pemilihan strategi pembangunan sangat penting dikarenakan menentukan dimana peran pemerintah dan dimana letak peran masyarakat berada, sehingga kedua belah pihak mampu bekerjasama baik secara optimal maupun sinergis.

Kebiajakan public partisipatif meruapakan kesepakatan antara pola tindakan yang akan dilaksaakan dalam mewujudkan manfaat yang besar bagi masyarakat. Oleh karena itu, kebijakan public partisipatif dapat dibangun ketika pemerintah dan masyarakat memiliki kemampuan dan kemauan untuk menciptakan system yang jelas, visioner, dan aman dalam penerapannya. Tanpa kemampuan-kemampuan tersebut kebijakan public yang dilahirkan akan memiliki dampak yang cukup serius karena manfaatnya tidak dirasakan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran masyarakat akan efektifitas kebijakan public menegaskan perlunya upaya publik partisipatif. Keterlibatan masyarakat merupakan kunci penting dalam keberhasilan pembangunan. Dengan keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan maka pemerintah tidak lagi menerapkan system pembangunan yang top down namun akan menerapkan system bottom up dimana usulan berasal dari masyarakat sebagai masukan penting dalam upaya pembangunan daerah.

Baca Juga :  Peluang Usaha dengan Modal Kecil? Begini Caranya!

Baca juga :

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *