Menjadi Seorang mahasiswa bukan cuma belajar di kampus melainkan dengan mengisi waktu luang untuk menorehkan beragam prestasi. biasanya setiap kampus memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah mendapatkan prestasi.

 

Kementerian pendidikan, kebudayaan riset, dan teknologi (Kemendikbud Ristek) Menyelenggarakan berbagai kompetisi untuk jenjang mahasiswa pada berbagai bidang akademik tentunya dengan hal ini bisa meningkatkan dan daya saing mahasiswa.

 

Kalau anda seorang mahasiswa, mencobalah berbagai perlombaan dari Kemendikbud Ristek ini, ada salah satu quote, yaitu:

 

“Mencoba dan gagal, tapi jangan gagal untuk mencoba.” – John Quincy Adams

 

Jika kamu mengikuti perlombaan musuh terbesar sebenarnya adalah dirimu sendiri karena kita harus menampilkan terbaik dari diri kita sendiri. contohnya kita bermusuhan dengan rasa malas dan kurangnya percaya diri sehingga bisa terjadi down ketika mencoba hal baru.

 

Dengan mengikuti berbagai lomba yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek Kita akan punya peluang untuk mendapatkan prestasi berikutnya dan bisa menjadi nilai tambah untuk kamu yang sedang mengejar beasiswa.

 

Baca juga informasi lain di : www.irhanhisyam.com

 

Bagaimana Tertarik Mengikuti Perlombaan dari Kemendikbud? Jika Iya, anda bisa membaca tujuh lomba dibawah ini siapa tahu kamu tertarik untuk mengikuti salah satu lomba yang saya sebutkan.

 

Lomba Kemendikbud Ristek untuk Mahasiswa

  • Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program pekan ilmiah mahasiswa Nasional (PIMNAS) 

 

Setiap universitas biasanya akan mempersiapkan diri untuk lomba PKM dan PIMNAS. di Universitas biasanya akan ada target proposal yang diserahkan ke TIM PKM agar lolos seleksi sebanyak-banyaknya.

 

dengan lolos seleksi tersebut mahasiswa akan mendapatkan pendanaan sampai ide kamu benar – benar direalisasikan mantep kan

 

Pada perlombaan ini kamu harus mempersiapkan TIM sebaik mungkin yang terdiri dari 3-5 anggota dari berbagai jurusan (tidak boleh satu jurusan semua) sesuai dengan kebutuhan ide yang ingin kamu kembangkan.

 

PKM dibagi kedalam beberapa kategori diantaranya:

  1. PKM-P (Penelitian)
  2. PKM-K (Kewirausahaan)
  3. PKM-M (Pengabdian Masyarakat)
  4. PKM-T (Teknologi)
  5. PKM-KC (Karsa Cipta)
  6. PKM-GT (Gagasan Tulis)
  7. PKM-AI (Artikel Ilmiah)

 

Setelah kamu lolos di PKM selanjutnya kamu akan menuju PIMNAS atau Pekan Ilmiah Mahasiswa nasional. kamu akan diberangkatkan dengan biaya dari universitas dan bertemu dengan banyak mahasiswa yang inovatif. bagaimana seru bukan?

  • Kontes Robot Indonesia (KRI)

 

Bagi kamu yang menyukai bidang robotika bisa nih mengikuti salah satu kontes Robot Indonesia. selain bisa menjadi peluang kamu untuk berprestasi, kamu bisa menjadi Pengalaman untuk mengasah talenta mu disini.

 

KRI Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003, KRI bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa pada perguruan tinggi di wilayah Republik Indonesia yang tercatat pada pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

 

Kontes Robot di indonesia dibagi kedalam (6) enam divisi, diantaranya:

 

  1. Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI)
  2. Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI)
  3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda
  4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid
  5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)
  6. dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI)

  • Pagelaran Mahasiswa TIK (GEMASTIK)

 

Selain itu ada perlombaan lain yang disebut GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

 

Tujuan dari GEMASTIK ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa indonesia serta diharapkan  mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK, baik ketika masih dalam masa studi maupun sudah lulus nantinya.

 

Kompetisi Gemastik terdiri atas 11 cabang diantaranya:

  1. Pemrograman (Programming)
  2. Keamanan Siber (Cyber Security)
  3. Penambagan Data (Data Mining)
  4. Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
  5. Animasi (Animation)
  6. Kota Cerdas (Smart City)
  7. KTI TIK (ICT Scientific Paper)
  8. Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
  9. Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT 
  10. Pengembangan Aplikasi Permainan
  11. Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

  • Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI)

 

Expo KMI merupakan ajang pertemuan mahasiswa wirausaha se-indonesia. Program ini bertujuan untuk mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di perguruan tinggi agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan.

 

di Expo KMI ini menjadi ajang para mahasiswa untuk memamerkan dan mempromosikan produk mereka, tempat menimba ilmu dari usahawan yang sudah sukses dan tempat untuk memperlebar jaringan usaha.

 

Tujuan pelaksanaan Expo KMI, yaitu :

 

  • Sebagai panggung untuk menampilkan kreativitas wirausaha mahasiswa indonesia.
  • sebagai forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di indonesia.

  • Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS)

 

Jika kamu memiliki hobi di bidang olahraga tidak ada salahnya kamu mencoba POMNAS. dengan program ini kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan Kecerdasan komprehensif di bidang olahraga.

 

POMNAS merupakan kompetisi olahraga mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan dua tahun sekali. 

  • Akselerasi  Startup Mahasiswa Nasional (ASMI)

 

Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) mulai dijalankan pada tahun 2019. Program ini diharapkan dapat mengakselerasi startup mahasiswa indonesia untuk berkembang menjadi startup global.

 

Apa keuntungan mengikuti ASMI?

 

ASMI akan membina startup milik mahasiswa dan akan memberikan dana sebesar Rp25.000.000 untuk startup yang terpilih.

 

Selain itu, ada kegiatan Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia ini diantaranya kegiatan workshop, pendampingan, dan student Startup Accelerator Camp (SSAC). dengan mengikuti kegiatan ini tentunya akan menambah pengalaman, ilmu dan relasi.

  • Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM)

 

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa adalah Lomba Kemendikbud yang ditujukan sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan soft skill, literasi teknologi dan prestasi Revolusi Industri 4.0,

 

LIDM memperlombakan lima divis, diantaranya:

 

  1. Inovasi Teknologi Digital Pendidikan
  2. Inovasi Materi Digital Pendidikan 
  3. Video Digital Pendidikan
  4. Poster Digital
  5. Microteaching Digital

 

Bagi kamu yang tertarik mengenai dunia digital sangat direkomendasikan untuk mengikuti kompetisi ini karena lomba ini akan melatih kemampuan soft skill dan literasi teknologi untuk berinovasi di era Revolusi Industri 4.0

 

Itulah tadi informasi mengenai berbagai lomba yang diadakan oleh kemendikbud Ristek untuk Mahasiswa. Bagaimana tertarik untuk mengikuti salah satu lomba diatas? untuk informasi lebih lengkap mengenai lomba tersebut silahkan kunjungi ke halaman resminya.

 

Jika Informasi Ini bermanfaat silahkan kirimkan komentar anda ke dalam kolom komentar terimakasih.

Baca Juga :

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *