Tips Menjadi Mahasiswa Produktif Agar Kuliyah Lebih Efisien

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif
sumber : jurnalposmedia .com

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif Agar Kuliyah Tidak Sekedar kuliyah. Sebagai mahasiswa, ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan. Bahkan, ada banyak kesempatan yang bisa digunakan. Karena pada dasarnya, nggak semua orang bisa loh menjadi mahasiswa. Sayangnya, nggak sedikit mahasiswa yang justru terjebak dengan banyak hal. Sehingga kadang-kadang menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, alias kurang produktif. Tentu, hal ini sangat disayangkan ya. Mengingat kesempatan yang ada justru disia-siakan. Lantas, bagaimana atau apa saja sih tips menjadi mahasiswa produktif? Untuk Anda yang masih bingung, bisa simak beberapa tipsnya berikut.

Tips menjadi mahasiswa produktif

Tampaknya, pandemi telah membuat tingkat produktivitas banyak mahasiswa menurun ya. Karena memang, sistem pembelajaran yang dilakukan secara online. Di mana, ini adalah sebuah tantangan yang cukup besar dan berat. Karena sistem pembelajaran online telah membuat motivasi belajar para mahasiswa menurun, mereka juga kehilangan motivasi. Sampai akhirnya tidak produktif. Dan mungkin, Anda juga merasakan hal tersebut. Jika ia, maka bangkit, dan lakukan beberapa tips menjadi mahasiswa produktif di bawah ini, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Buat to do list

Kita tidak bisa memungkiri, bahwasanya membuat to do list adalah salah satu tips menjadi mahasiswa produktif yang paling umum. Bahkan sebenarnya, tips ini bukan hanya berlaku untuk para mahasiswa yang ingin produktif, tapi juga berlaku untuk siapapun yang ingin menjalani hari-harinya lebih baik dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Meski tergolong cara klasik, tapi dengan membuat daftar tugas atau to do list apa saja yang meski Anda lakukan besok hari, atau beberapa minggu kedepan akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal. Itu artinya, Anda perlu membuat sebuah rencana mengenai apa saja yang akan dilakukan. Rencana yang dibuat meski fokus terhadap tingkat kesulitannya, disesuaikan dengan jadwal yang Anda miliki. Ada banyak sekali manfaat membuat to do list ini. Salah satunya adalah memudahkan Anda dalam melakukan manajemen waktu.

Mengembangkan rutinitas yang baru

Adapun tips menjadi mahasiswa produktif yang kedua adalah dengan mengembangkan rutinitas yang baru. Ya, karena dunia online telah memaksa siapapun untuk beradaptasi dan mengembangkan rutinitas yang baru. Rutinitas yang baru sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misal, dengan memulai hidup sehat dengan mengolah makanan sendiri, rutin berolahraga, atau yang lainnya.

Menyediakan tempat belajar khusus

Kita tidak dapat memungkiri, bahwasanya mempunyai tempat belajar secara khusus bisa meningkatkan mood dan membuat kita lebih rajin. Ia nggak sih? Kalau berdasarkan pengalaman banyak orang, hal ini benar-benar berpengaruh terhadap tingkat produktivitas ya. Di mana, mempunyai tempat belajar khusus ternyata dapat meningkatkan produktifitas seorang mahasiswa. Hal ini karena dengan ruang belajar khusus, Anda bisa lebih fokus dalam melakukan banyak hal. Sebagai anak kost, tips satu ini mungkin agak sulit untuk diterapkan. Apalagi untuk Anda yang ukuran kostnya hanya 3 x 3 meter. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyiasatinya dengan menyediakan meja belajar dengan rak buku saja. Biasanya, dengan keberadaan meja belajar dan rak buku bisa membuat Anda ingin duduk di sana, dan mengerjakan berbagai hal. Mulai dari mengerjakan tugas, menulis jurnal, membaca, atau yang lainnya. Tergantung bagaimana Anda menata kamar saja.

Selain beberapa tips di atas, masih ada beberapa tips lain sih. Seperti memberikan penghargaan kepada diri sendiri, dan juga membatasi penggunaan media social.

 

Baca Juga :

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini