Peluang bisnis di era digital.  Ketika manusia berkembang, hal-hal lain di sekitarnya yang menunjang kehidupannya pun akan berkembang. Teknologi dalam kehidupan pun berkembang pesat. Ini adalah era digital. Di era digital ini, informasi dapat menyebar ke seluruh dunia dalam hitungan detik. Anda dapat mengakses ribuan lowongan dan peluang usaha tersebar di seluruh dunia , hanya dengan menggunakan internet. Banyak sekali kemudahan-kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari sini. Seperti memulai blogging, tawaran-tawaran pekerjaan yang mungkin sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan atau bahkan bekerja secara jarak jauh, seperti memberikan webinar melalui aplikasi-aplikasi yang bisa banyak Anda temui.

Bisnis dan teknologi adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan. Dengan kemudahan-kemudahan teknologi yang ada, Anda dapat memulai bisnis Anda dengan sangat mudah.

Jika Anda tidak mempunyai skill khusus mengenai hal ini, Anda tidak perlu takut. Karena sekarang ini banyak sekali short course dan pelatihan-pelatihan yang dapat Anda ikuti. Anda hanya perlu memiliki perangkat yang memadai untuk mengikuti pelatihan-pelatihan atau webinar ini. Semua sudah dapat dilakukan dengan sistem daring. Anda bisa mengikutinya kapanpun dan dimanapun.

Pemerintah pun sudah mulai ikut mengembangkan ekonomi digital ini. Karena dengan pertumbuhan teknologi dan ekonomi yang cepat di Indonesia, Pemerintah melihat peluang bisnis yang baik dan besar untuk sektor ekonomi ini.

Selain itu, masa pandemi ini memaksa kita untuk memperkecil kemungkinan untuk bertemu orang secara langsung. Masyarakat dipaksa merubah bentuk komunikasi konvensionalnya menjadi ke bentuk digital. Contohnya bisa kita lihat dengan maraknya pesan antar untuk kebutuhan pokok atau rapat-rapat yang dilakukan secara daring dengan bantuan aplikasi tertentu. Selain untuk memperkuat ekonomi di digital era, upaya ini juga merupakan Tindakan pemerintah untuk mengatasi masa pandemi ini.

Lalu peluang-peluang bisnis seperti apakah yang cocok di era digital ini?

Ketika pertukaran informasi menjadi sangat mudah dan cepat di era digital ini, akan memberikan dampak yang baik jika Anda ingin memulai bisnis. Dengan memanfaat teknologi-teknologi yang ada sekarang, memulai bisnis di era digital ini menjadi hal yang sangat praktis dan mudah.

Berikut peluang-peluang bisnis yang bisa Anda coba di era digital ini:

Online shop

Jika anda memiliki jiwa dagang yang tinggi, anda tidak perlu lagi pusing memikirkan darimana sewa tempat untuk memulai bisnis Anda. dengan memanfaatkan media social dan market place yang ada, Anda sudah mulai bisa berniaga dengan modal yang seminim mungkin. Walaupun sekatang kita sedang menghadapi masa pandemi, tetapi minat belanja orang-orang tidak menurun. Tren belanja secara daring meningkat sejak tahun 2020.

Bukan hanya bisa berdagang, jika Anda memiliki skill khusus yang selama ini terbengkalai, Anda mulai dapat menawarkan jasa Anda secara online.

Dengan jaringan internet yang mampu menjangkau ke mana saja, market anda akan semakin luas.

Blogging (content writer)

Mungkin selama ini Anda suka dan sering menulis di blog. Tetapi karena aktivitas dan mobillitas yang tinggi, membuat hobi Anda ini tidak dilirik lagi. Sekarang saatnya Anda kembali mengasah kemampuan menulis. Anda dapat aktif kembali menulis di blog Anda. monetize blog Anda sehingga Anda akan mendapatkan uang dari blog Anda.

Cobalah mempelajari lebih jauh lagi bagaimana menjadi content writer yang baik. Jika artikel dalam blog Anda menarik, biasanya akan mendatangkan tawaran-tawaran untuk menjadi content writer di media-media digital sekarang ini. Contoh-contoh diatas adalah contoh kecil dari peluang bisnis yang ada di era digital. teknologi digital telah merubah bisnis selama ini, manfaatkanlah dengan sebaik mungkin!.

Baca Juga :

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *