Teknologi Terkini yang Mempengaruhi Dunia Pendidikan. Di era digital ini, teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan kita, termasuk pendidikan. Kemajuan teknologi terkini telah memberikan dampak yang signifikan dalam cara kita belajar dan mengajar. Mari kita menjelajahi beberapa teknologi terkini yang sedang mempengaruhi dunia pendidikan.

Pembelajaran Jarak Jauh dengan Bantuan Teknologi

Salah satu teknologi terkini yang sangat berpengaruh dalam pendidikan adalah teknologi pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya platform dan aplikasi pembelajaran online, siswa dapat mengakses materi pelajaran dan berinteraksi dengan guru secara virtual, tanpa harus berada di ruang kelas fisik. Pembelajaran jarak jauh memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih besar bagi siswa di mana pun mereka berada.

Praktik pembelajaran jarak jauh sudah pernah dilakukan ketika masa covid-19 yang membatasi kegiatan masyarakat pada waktu itu, meskipun masa pandemic sudah usai praktik pembelaran jarak jauh ini masih banyak yang menggunakan khususnya untuk pembelajaran-pembelajaran non-formal

Realitas Virtual dan Augmented Reality dalam Pembelajaran

Teknologi realitas virtual (VR) dan augmented reality (AR) juga memiliki potensi besar dalam pendidikan. Dengan menggunakan headset VR atau perangkat AR, siswa dapat mengalami pengalaman belajar yang mendalam dan imersif. Misalnya, mereka dapat menjelajahi tempat-tempat bersejarah, mengeksplorasi galaksi, atau bahkan mempelajari struktur molekul dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Adaptif

Pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa perubahan dalam pendekatan pengajaran dan pembelajaran. Dengan AI, sistem dapat menganalisis data dan perilaku siswa untuk memberikan rekomendasi dan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Pembelajaran adaptif ini memungkinkan setiap siswa untuk belajar dengan kecepatan dan gaya yang sesuai untuk mereka, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan.

Baca Juga :  Pendidikan Anak Adalah Tugas Sekolah ? Benarkah ?

Internet of Things (IoT) dan Pendidikan Terhubung

Internet of Things (IoT) adalah jaringan perangkat yang terhubung satu sama lain melalui internet. Dalam konteks pendidikan, IoT memungkinkan koneksi dan interaksi antara perangkat dan infrastruktur di lingkungan pembelajaran. Misalnya, papan tulis pintar yang dapat berbagi materi secara langsung dengan perangkat siswa, atau penggunaan sensor untuk mengumpulkan data dan mengoptimalkan kondisi belajar.

Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pendidikan, penggunaan media sosial dapat digunakan sebagai alat untuk kolaborasi, berbagi pengetahuan, dan berdiskusi. Guru dapat membuat kelompok belajar online di platform media sosial, memfasilitasi diskusi antara siswa, atau menyebarkan materi pendidikan melalui saluran media sosial resmi sekolah.

Dunia pendidikan harus mulai beradaptasi dengan kecanggihan teknologi supaya dapat bersaing dan dapat meningkatkan perkembangan peserta didik secara maksimal, selain itu pengenalan peserta didik terhadap teknologi itu sendiri juga tidak kalah penting karena hampir semua kegiatan saat ini dilakukan dengan teknologi.

Jika peserta didik sudah mengenal baik teknologi maka kedepanya mereka akan mampu untuk memanfaatkanya dengan baik untuk kebutuhan mereka, dan sebaliknya jika perkembangan teknologi ini diabaikan maka peserta didik akan tertinggal dan akan kesulitan untuk bersaing dimasa depan



Sumber : www.maspopo.com

Baca Juga : PPG Daljab dan Prajab, Begini Perbedaannya!

Baca Juga :  Bagaimana Mengajarkan Anak Tentang Keterampilan Komunikasi

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *