SamudraPikiran.com – Keuatamaan pelaksanaan Ibadah umroh adalah merasakan ketenangan dalam hati karena telah menjadi tamu istimewa Allah SWT. Pelaksanaan ibadah umroh memiliki dampak positif terhadap ketenangan batin dan memberikan suasana kehidupan yang lebih damai. Selain itu, manfaat utama lainnya dari umroh adalah mewujudkan kekayaan emosional dalam hati serta meningkatkan sifat-sifat kesabaran dan ketabahan, sekaligus meningkatkan kualitas keimanan bagi para pelaksananya.

Definisi Ibadah Umrah

Umrah merupakan pelaksanaan kunjungan ke Ka’bah dengan tujuan ibadah, sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang telah ditetapkan.

Kewajiban dalam Ibadah Umrah

Ada dua kewajiban yang harus dipenuhi oleh mereka yang akan menjalankan umrah. Ini meliputi:

Mengenakan pakaian ihram dari miqat yang ditentukan dan menghindari larangan-larangan umrah yang serupa dengan haji.

Penting untuk diperhatikan bahwa miqat umrah dibagi menjadi dua jenis:

  1. Miqat zamani (waktu), yang mengacu pada waktu tertentu di mana seseorang dapat menjalankan umrah tanpa batasan waktu (kapan saja selama tahun).
  2. Miqat makani (tempat), yang berkaitan dengan tempat di mana seseorang berada ketika hendak menjalankan umrah. Lokasi miqat umrah sama dengan miqat haji dan telah ditetapkan.

Contohnya, bagi warga Indonesia yang berangkat umrah, miqat-nya adalah di Bukit Yalamlam. Namun, ketika seorang warga Indonesia mendarat di Madinah dan singgah sejenak, miqat-nya akan sama dengan penduduk Madinah, yaitu Dzulhulaifah atau Birr Ali.

Baca Juga :  Kecerdasan Spiritual dalam Islam? Ini Cara Membentuknya!

Rukun Ibadah Umrah

Rukun-Rujun umrah ini tidak boleh diabaikan, dan melanggar rukun umroh akan mengakibatkan denda (dam).

  1. Ihram disertai dengan niat  untuk melaksanakan umrah
  2. Melakukan thawaf (mengelilingi Ka’bah).
  3. Melakukan sa’i atau berlari-lari kecil antara Shafa dan Marwa.
  4. Memotong minimal tiga helai rambut.
  5. Melakukan semua langkah di atas dengan urutan yang benar.

Prosedur dan Aktivitas Selama Melaksanakan Umrah

  1. Dalam menjalankan ibadah umrah, ada prosedur yang harus diikuti. Ini adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Prosedur ini tidak hanya membantu menjaga etika dan tata krama yang baik, tetapi juga memastikan kelancaran dan keseragaman pelaksanaan ibadah. Beberapa langkah yang perlu diperhatikan selama menjalankan umrah meliputi:
  2. Bersuci dengan mandi besar dan wudhu.
  3. Mengenakan pakaian ihram, mengerjakan shalat sunnah ihram dua rakaat, dan berdoa.
  4. Menetapkan niat umrah dari miqat masing-masing, yang mirip dengan niat haji namun dengan penambahan lafadz ‘umratan.
  5. Mengucapkan talbiyah dengan Ikhlas Karena Allah sebanyak-banyaknya
  6. Bersegera untuk Melanjutkan ke Masjidil Haram.
  7. Melakukan thawaf sebanyak tujuh putaran, dimulai dan diakhiri di sudut Hajar Aswad.
  8. Setelah thawaf, berdoa di Multazam, melaksanakan shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim, melakukan shalat sunnah di area Hijr Isma’il, dan meminum air Zamzam sambil berdoa.
  9. Melakukan sa’i (berlari-lari kecil) tujuh kali antara Shafa dan Marwa, sambil membaca doa sa’i.
  10. Tahallul, yaitu memotong rambut secara keseluruhan minimal tiga helai (bagi laki-laki) atau sebatas ujung jari (bagi perempuan). Setelah tahallul selesai, pakaian ihram dapat diganti dengan pakaian biasa.
Baca Juga :  5 Akhlak Nabi Muhammad SAW yang Patut Diteladani

Persyaratan Pelaksanaan Ibadah Umrah

Setiap jenis ibadah tentu memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh individu yang menjalankannya. Hal ini juga berlaku untuk ibadah umrah. Persyaratan pelaksanaan umrah sebenarnya mirip dengan persyaratan untuk menjalankan ibadah haji:

  1. Beragama Islam.
  2. Berakal sehat.
  3. Mencapai usia baligh .
  4. Merdeka
  5. Memiliki kemampuan fisik dan mental.
  6. Mampu secara finansial.



Demikianlah penjelasan singkat mengenai ibadah umroh yang menjadi salah satu impian umat islam di seluruh dunia, dengan ulasan diatas semoga bisa menjadi gambaran bagi umat islam tentang gambaran besar mengenai ibadah umroh, namun lebih lanjut lagi untuk mempelajarinya secara mendetail akan lebih baik dengan bertanya atau berguru kepada ulama, dengan begitu umat islam akan mendapatkan pengetahuan tentang ibadah umroh dengan referensi yang lebih terpercaya jika Anda ingin melaksanakan umroh akan lebih mudah menggunakan layanan land arrangement umroh terpercaya yang memberikan semua kebutuhan anda pada saat melakukan perjalanan umroh ketanah suci

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *