Samudrapikiran.com – Beberapa waktu lalu, publik dikejutkan dengan pengakuan dari artis Alice Norin bahwa ia mengidap kanker sarkoma. Penyakit yang jarang terjadi ini muncul di rahimnya dan memerlukan tindakan medis segera untuk mencegah risiko yang lebih besar terhadap kesehatannya.

Menurut dokter sekaligus konsultan senior onkologi medis di Parkway Cancer Center, Richard Quek, sarkoma merupakan salah satu bentuk kanker yang paling langka yang dapat menyerang manusia. “Kurang lebih hanya ada lima orang dari 100 ribu populasi yang akan terkena kanker jenis ini. Bahkan, hanya ada satu persen orang dewasa di dunia yang terdiagnosa terkena kanker sarkoma,” ungkap Quek.

“Dari jumlah tersebut untuk sarkoma rahim itu kasusnya hanya ada di tiga persen saja setiap tahunnya,” tambahnya saat berbicara dengan media pada Selasa (26/3).

Quek juga menyoroti kekhususan dari kanker sarkoma rahim, menyatakan bahwa tidak banyak orang yang mengalami jenis sarkoma di rahim. Ia membedakannya dengan kanker rahim lain yang lebih umum pada wanita, dengan gejala yang berbeda.

“Gangguan kencing atau berkemih ini muncul lantaran terjadi tekanan dari sarkoma ke kantong saluran kencing. Namun untuk beberapa kasus sarkoma juga bisa tidak memicu gejala sama sekali,” jelas Quek.

Terkait gejala yang mungkin muncul pada penderita sarkoma, Quek menyebutkan beberapa di antaranya, seperti munculnya benjolan tanpa rasa sakit yang berukuran semakin besar, sakit perut yang luar biasa, perubahan warna tinja menjadi coklat kehitaman, serta sensasi tidak nyaman di tubuh seperti mati rasa, kesemutan, kelemahan, atau kesulitan bergerak.

Baca Juga :  Kahf Facial Wash : Solusi Ampuh untuk Kulit Pria Berminyak dan Bebas Jerawat

“Sarkoma tumbuhnya lambat, makanya mendeteksi dini sangat penting dilakukan. Misal saat tiba-tiba terasa muncul benjolan dan ukurannya semakin besar, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan,” pungkasnya.

Kanker sarkoma, dengan semua kekhususannya dan gejalanya yang beragam, menuntut kesadaran akan pentingnya deteksi dini dan penanganan medis yang tepat untuk memastikan kesembuhan dan kesehatan yang optimal bagi para penderitanya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *