Samudrapikiran.comCara Menghapus Pesan iMessage yang Telah Terkirim – Pernahkah Anda mengirim pesan kepada seseorang hanya untuk menyadari bahwa itu adalah kesalahan besar? Atau mungkin, Anda ingin membatalkan sesuatu yang dikirim secara impulsif? iPhone kini memiliki solusi untuk masalah semacam ini dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membatalkan pengiriman pesan yang sudah terlanjur dikirimkan ke orang lain.

Fitur ini telah diperkenalkan oleh Apple sejak peluncuran iOS 16, memberikan kemampuan kepada pemilik iPhone untuk menarik pesan iMessage dalam waktu dua menit setelah pengirimannya. Dilansir dari Engadget, fitur ini disambut baik karena dapat mencegah berbagai masalah yang mungkin timbul akibat pengiriman pesan yang tidak tepat.

Cara Menghapus Pesan iMessage yang Telah Terkirim

Cara Menghapus Pesan yang Telah Terkirim di iPhone

Namun, perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya berfungsi untuk pesan iMessage dan tidak berlaku untuk pesan SMS biasa. Untuk membatalkan pengiriman pesan di iPhone, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Messages: Buka aplikasi Messages di iPhone Anda.
  2. Pilih Percakapan yang Tepat: Pilih percakapan yang berisi pesan yang ingin Anda hapus.
  3. Tahan dan Tekan: Tahan jari pada gelembung pesan yang ingin Anda batalkan pengirimannya.
  4. Tekan “Undo Seen”: Pilih opsi “Undo Seen” di menu pop-up. Setelah pesan dibatalkan, Anda akan melihat animasi balon meletus.
  5. Peringatan Muncul: Anda akan melihat peringatan “You unsent a message” dalam teks abu-abu kecil, dan penerima akan menerima pemberitahuan serupa.
Baca Juga :  Cara Bermain Mobile Legends di Laptop dengan Mudah dan Seru

Namun, ingatlah bahwa fitur ini hanya berlaku selama dua menit setelah pesan dikirimkan. Untuk mengakses fitur ini, pastikan perangkat Anda menjalankan iOS 16 atau versi yang lebih baru.

Salah satu kekurangan dari fitur ini adalah jika penerima pesan masih menggunakan iOS versi lama sebelum 2022, mereka tetap dapat melihat pesan yang telah dihapus. Oleh karena itu, agar fitur ini berfungsi, kedua perangkat pengirim dan penerima harus menjalankan setidaknya iOS 16.

Cara Menghapus Pesan di Mac OS

Tidak hanya di iPhone, fitur ini juga tersedia di Mac OS untuk pengguna yang menjalankan setidaknya macOS Ventura. Cara menghapus pesan di Mac hampir mirip dengan cara di iOS atau iPadOS:

  • Buka Aplikasi Messages di Mac: Mulailah dengan membuka aplikasi Messages di Mac Anda.
  • Pilih Percakapan yang Ingin Dihapus: Pilih percakapan yang berisi pesan yang ingin Anda hapus.
  • Pilih Undo Seen: Pilih opsi “Undo Seen”. Setelah pesan dibatalkan, Anda akan melihat animasi balon meletus. Penerima juga akan melihat pemberitahuan serupa.

Pastikan bahwa Mac yang Anda gunakan menjalankan macOS 13 atau versi yang lebih baru, dan perangkat penerima pesan harus menggunakan setidaknya iOS 16, iPadOS 16.1, atau macOS Ventura untuk fitur ini dapat berfungsi dengan baik.

Dengan adanya fitur membatalkan pengiriman pesan ini, Apple memberikan fleksibilitas dan kontrol tambahan kepada penggunanya dalam berkomunikasi melalui pesan, mengurangi risiko pesan yang dikirimkan dengan keliru atau impulsif. Namun, ingatlah untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan bertanggung jawab.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *