Samudrapikiran.com – Apakah Anda tertarik untuk mengeksplorasi dunia IT atau bisnis? Anda tidak perlu bingung memilih, karena pada Jurusan Sistem Informasi, Anda dapat mempelajari keduanya secara bersamaan.

Jurusan atau Program Studi Sistem Informasi juga dikenal sebagai Manajemen Informatika. Pada dasarnya, Sistem Informasi mencakup berbagai kategori, termasuk Sistem Pemrosesan Transaksi, Sistem Informasi Eksekutif, Sistem Pendukung Keputusan, dan Sistem Informasi Manajemen.

Dengan landasan ilmu tersebut, apa saja prospek kerja bagi lulusan Sarjana Sistem Informasi (S.SI)? Mari kita temukan jawabannya!

12 Peluang Kerja Lulusan Jurusan Sistem Informasi

1. System Engineer

Jika Anda memiliki minat pada hal-hal yang kompleks, profesi System Engineer mungkin menarik bagi Anda. Tugas seorang System Engineer meliputi desain dan pengelolaan sistem yang kompleks, merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasa dan manajemen rekayasa.

2. Information System Manager

Sebagai seorang Information System Manager, Anda akan bertanggung jawab untuk mengelola sistem agar mendukung proses bisnis perusahaan. Tugas-tugas ini meliputi perencanaan, instalasi, dan pemeliharaan sistem, termasuk penanganan pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak.

3. Network Security

Seperti namanya, profesi ini berkaitan dengan keamanan jaringan. Di negara maju, Network Security menjadi salah satu dari enam jenis pekerjaan di bidang keamanan cyber dengan bayaran tertinggi. Jika Anda tertarik, inilah bidang yang menjanjikan.

4. Programmer

Dengan pengetahuan di bidang IT, lulusan Sistem Informasi juga bisa menjadi Programmer. Jika Anda memiliki minat dalam pemrograman, pertimbangkanlah untuk memilih Sistem Informasi sebagai jurusan kuliah Anda. Meskipun kebanyakan Programmer kuliah di Jurusan Teknik Informatika, namun Sistem Informasi juga memberikan landasan yang kuat.

Baca Juga :  Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru PTKIN 2024

5. Business Analyst

Seiring dengan meningkatnya aplikasi IT dalam dunia bisnis, kebutuhan akan Business Analyst juga semakin meningkat. Peran seorang Business Analyst sangat vital, termasuk menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan pengguna.

6. Web Developer

Seorang Web Developer bertanggung jawab untuk membuat program aplikasi yang berkaitan dengan suatu website. Mereka menciptakan website dari awal hingga tampilannya menarik dan fungsional. Profesi ini lebih berorientasi pada sisi IT dalam bidang Sistem Informasi.

7. Project Manager

Kembali ke aspek bisnis, Project Manager adalah motor penggerak seluruh anggota tim dalam suatu proyek. Dalam posisi yang sangat strategis, peran seorang Project Manager sangat menentukan keberlangsungan perusahaan.

8. E-Commerce System Developer

Tugas seorang E-commerce System Developer sangat kompleks, meliputi alur sistem, tingkat keamanan, serta desain antarmuka pengguna dalam sistem e-commerce perusahaan. Jika Anda bercita-cita menjadi profesional di bidang ini, kembangkanlah kemampuan Anda untuk bekerja dalam tim sejak dini.

9. IT Manager

Untuk menjabat sebagai IT Manager, Anda harus memiliki kemampuan manajemen yang kuat. Tugas Anda akan meliputi perencanaan, koordinasi, dan pengelolaan aktivitas terkait sistem komputer dan informasi perusahaan, termasuk instalasi dan pemeliharaan perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan.

10. Database Administrator

Tugas seorang Database Administrator adalah mengelola dan memelihara basis data perusahaan. Di Amerika Serikat, profesi ini mengalami peningkatan signifikan, melebihi rata-rata peningkatan profesi lainnya menurut Bureau of Labor Statistics.

11. System Analyst

Meskipun sering disamakan, System Analyst berbeda dengan Business Analyst. Seorang System Analyst lebih terfokus pada sistem IT, seperti pengelolaan aplikasi, penyusunan spesifikasi untuk para programmer, dan identifikasi kebutuhan pengguna agar sistem yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :  Bimago, Program Bimbingan Belajar Persiapan Masuk Gontor

12. IT Consultant

Jika Anda tertarik pada bidang pelayanan, profesi IT Consultant mungkin cocok untuk Anda. Seorang IT Consultant biasanya membantu klien yang ingin memanfaatkan teknologi informasi, serta membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT mereka.

Demikianlah 12 peluang kerja lulus jurusan sistem informasi, di era saat ini tentu peluang tersebut akan semakin lebar karena aktivitas masyarakat saat ini cenderung lebih banyak menggunakan prangkat digital

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *