Samudrapikiran.com Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang dapat diakses melalui browser internet, tanpa perlu menginstal software apapun di komputer atau perangkat Kamu. Aplikasi berbasis web memiliki banyak keuntungan, seperti kemudahan penggunaan, ketersediaan, dan skalabilitas. Namun, bagaimana cara membuat aplikasi berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan Kamu?

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat aplikasi berbasis web dengan mudah dan cepat menggunakan dua platform Low-Code Development, yaitu Java Development Kit dan Hermit – Lite Apps Browser.

2 Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web

1. Java Development Kit

Cara membuat aplikasi berbasis web yaitu dengan Java Development Kit (JDK). Java Development Kit (JDK) adalah bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan untuk membuat aplikasi web, desktop, dan mobile.

Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk membuat aplikasi web dengan JDK:

  1. Buat sebuah folder untuk menyimpan file-file aplikasi Kamu. Misalnya, Kamu bisa membuat folder dengan nama WebApp.
  2. Buka editor kode Kamu dan buat sebuah file dengan nama App.java di dalam folder WebApp. File ini akan menjadi file utama yang berisi kode Java untuk aplikasi Kamu.
  3. Tulis kode Java untuk aplikasi Kamu di dalam file App.java. Kamu bisa menggunakan kerangka aplikasi web Java yang sudah ada, seperti Spring Boot, Spark, atau Javalin, untuk memudahkan Kamu membuat aplikasi web. Kamu juga bisa menggunakan library atau modul tambahan yang dibutuhkan oleh aplikasi Kamu, seperti JDBC, Hibernate, atau JPA, untuk menghubungkan aplikasi Kamu dengan database.
  4. Simpan file App.java dan jalankan aplikasi Kamu dengan menggunakan perintah java App.java di terminal atau command prompt. Kamu juga bisa menggunakan tools bawaan dari editor kode Kamu untuk menjalankan aplikasi Kamu.
  5. Buka browser Kamu dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/ (atau alamat lain yang Kamu tentukan) untuk melihat hasil aplikasi Kamu.

2. Hermit – Lite Apps Browser

Hermit – Lite Apps Browser adalah platform Low-Code Development untuk membangun web app dengan mudah. Web app adalah aplikasi web yang dirancang untuk menyerupai aplikasi native, yaitu aplikasi yang diinstal di perangkat Kamu. Web app memiliki fitur-fitur seperti ikon, notifikasi, mode offline, dan lain-lain, yang membuatnya lebih menarik dan interaktif.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Google Play Store. Setelah itu, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Hermit – Lite Apps Browser dan klik tombol Create New for Free.
  2. Pilih opsi dan template aplikasi yang ingin Kamu buat. Kamu bisa memilih dari berbagai kategori, seperti social media, news, games, shopping, dan lain-lain. Kamu juga bisa memasukkan tautan halaman web yang Kamu miliki dan membuat web app dari halaman tersebut.
  3. Masukkan nama aplikasi yang Kamu inginkan dan klik Next.
  4. Pilih warna tema yang digunakan pada aplikasi Kamu dan klik Next.
  5. Masukkan deskripsi aplikasi Kamu dan klik Next.
  6. Pilih ikon aplikasi yang Kamu inginkan dari galeri atau unggah ikon Kamu sendiri dan klik Next.
  7. Klik tombol Create Lite App dan tunggu proses pembuatan aplikasi Kamu selesai.
  8. Klik tombol Add to Home Screen untuk menambahkan aplikasi Kamu ke layar utama perangkat Kamu.
  9. Buka aplikasi Kamu dari layar utama dan nikmati web app Kamu.

Demikianlah cara membuat aplikasi berbasis web dengan mudah dan cepat menggunakan dua platform Low-Code Development, yaitu Java Development Kit dan Hermit – Lite Apps Browser. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *