Bisnis MLM (Multi Level Marketing) merupakan salah satu usaha bisnis yang dapat dilakukan untuk mencari penghasilan di era modern. Bisnis pemasaran jaringan ini tak asing lagi didengar oleh kalangan masyarakat, khususnya bagi para pebisnis atau yang hendak sekedar memulai usaha.

Bisnis ini sudah banyak berkembang dan mulai meluas masuk ke dalam kehidupan manusia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bisnis yang menerepkan sistem MLM pada pemasarannya.

Masyarakat berpendapat bahwa bisnis ini dapat membantu mereka meraup keuntungan yang besar. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak masyarakat yang menggeluti bisnis dengan sistem MLM.

Apa itu bisnis MLM?

MLM (Multi Level Marketing) adalah suatu bisnis yang proses pemasarannya memanfaatkan pelanggan sebagai jaringan distribusi bisnis.

Berdasarkan kata dasarnya, multi berarti banyak, sedangkan level artinya berjenjang, dan marketing artinya pemasaran.

Teknik pemasaran bisnis dengan system MLM dilakukan secara berjenjang dengan semua pelanggan yang terlibat di dalamnya. Bisnis ini akan memberikan kesempatan kepada para konsumen untuk menjadi penjual dan nantinya akan mendapatkan keuntungan dari kemitraan tersebut.

Setiap anggota yang baru bergabung disebut sebagai downline, sedangkan anggota yang mengajaknya bergabung dengan kemitraan disebut dengan upline.

Sistem penjualan MLM adalah pemasaran berantai, uni level marketing, jaringan, networking marketing, atau disebut juga sengan pemasaran berbasis piramida.

Baca Juga :  Mainkan Game Dragon Hunters: Heroes Legend di Android dan iOS

Sekarang ini banyak ditemukan industri dengan sistem  MLM, mulai dari produk kecantikan, produk kesehatan, hingga perawatan rumah tangga.

Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik dan Menghindari Jenis  yang Merugikan

  1. Memilih perusahaan MLM yang terdaftar di APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia).
  2. Memiliki badan hukum yang jelas.
  3. Pilihlah perusahaan MLM yang memiliki produk beragam.
  4. Pilih perusahaan MLM yang distributornya memiliki sistem untuk sukses.
  5. Upline mau membantu downline untuk berkembang.

Penolong di Masa Pandemi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pandemi menurunkan perekonomian warga pada khususnya dan seluruh dunia pada umumnya. Banyak para pekerja yang kehilangan pekerjaannya sebab adanya peristiwa ini.

Terlebih di masa seperti ini, gulung tikar merajalela, PHK karyawan atau pekerja terjadi dimana-mana, alhasil tingkat pengangguran Indonesia semakin meningkat.

Kemendag (Kementrian Perdagangan) memberikan dukungan dan dorongan penuh kepada perusahaan multi level marketing (MLM) karena telah memulihkan perekonomian nasional.

Di tengah wabah pandemi, perusahaan tersebut mampu membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia.

Ronny Marpaung selaku koordinator Distribusi Langsung dan Waralaba Kemendag mengatakan bahwa kontribusi perusahaan MLM sangat berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu bisnis MLM yg ia apresiasi adalah Lifetime.

Perusahaan ini mencatat penjualan yang bagus dan kebal terhadap pandemi Covid-19. Ronny Marpaung memberi apresiasi kepada perusahaan Lifetime yang telah memberikan pernghargaan kepada mitra usahanya yang menorehkan penjualan positif selama satu tahun lalu.

Ronny Marpaung mendorong perusahaan ini untuk meningkatkan penjualannya pada tahun ini.

Baca Juga :  Tips Bisnis Online Untuk Pemula Yang Berniat Mulai Usaha Di Era Digital

Rekomendasi Bisnis MLM Terbaik yang Patut Dicoba

Apabila kamu ingin memulai bisnis ini, pastikan jangan sampai asal pilih produk MLM. Sebab apabila kamu salah memilih dan salah mengambil keputusan, hal ini akan sangat merugikan bisnis yang awalnya sangat ingin kamu tekuni.

Bahkan tak jarang modus penipuan terjadi di beberapa bisnis multi level marketing.

Berikut beberapa perusahaan dengan sistem  MLM yang patut kamu coba:

  1. HDI Clover Honey
  2. NU Skin
  3. Jafra
  4. Amway
  5. Tiens
  6. Oriflame
  7. Herbalife
  8. Tupperware

Jika ingin memulai suatu usaha, maka beberapa bisnis MLM di atas merupakan solusinya. Bisnis di atas cukup kamu lakukan di rumah saja tanpa khawatir terpapar virus covid-19, dan kamu sudah bisa mendapatkan cuan dari penjualan kamu loh.

Baca juga :

baca artikel wisata menarik lainya di Wisatarakyat.com, dan dapatkan informasi menarik laiunya di samudrapikiran.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *