Samudrapikiran.com РDi era digital ini, pemasaran bisnis telah mengalami transformasi besar. Iklan yang biasanya hanya menghiasi layar televisi atau  halaman koran, kini telah merambah ke dunia maya.

Perkembangan teknologi dan konektivitas internet telah membuka peluang yang tak terbatas bagi para pengusaha yang ingin mempromosikan produk atau jasa mereka. Salah satu alat yang paling efektif dalam strategi pemasaran online adalah iklan online.

Iklan online tidak hanya menguntungkan, tetapi juga dapat menghubungkan bisnis Anda dengan berbagai calon konsumen di seluruh dunia. Untuk membantu Anda memahami konsep dan jenis-jenis iklan online yang efektif, artikel ini akan membahas pengertian iklan online dan keuntungannya, serta mengulas 5 jenis iklan online yang dapat membantu memperluas jaringan bisnis Anda.

Pengertian Iklan online ?

Apa itu Iklan Online ? Iklan online adalah iklan yang menggunakan internet sebagai media penyampaian pesan promosi, baik yang ditampilkan melalui komputer desktop maupun perangkat mobile. Iklan online pun berbagai macam jenisnya.

Apa Saja Keuntungan Iklan Online untuk Bisnis Anda?

Sebelum membahas mengenai jenis iklan online untuk berbagai jenis bisnis, ada baiknya Anda mengetahui keuntungan dari menggunakan iklan secara online. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

1. Iklan Lebih Terukur

Iklan online sangat memudahkan Anda dalam melakukan analisa. Anda bisa dengan jelas memantau keefektifan iklan mulai dari jangkauan, biaya, hingga target iklan Anda. Platform iklan sudah menyediakan berbagai pelaporan data yang bisa Anda analisa untuk menentukan target iklan Anda selanjutnya.

Baca Juga :  Tips Mencari Lowongan Pekerjaan di Era Digital

2. Iklan Online Lebih Beragam Formatnya

Selain lebih terukur, iklan online memiliki keuntungan berupa kebebasan dalam menentukan jenis dan format iklan. Mulai dari gambar, video, teks, hingga kombinasi antara ketiganya bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

5 Jenis Iklan Online yang Bisa Anda Gunakan

Setelah mengetahui jenis-jenis iklan online, berikut ini adalah lima jenis iklan online yang bisa Anda manfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis Anda:

1. Paid Search

Paid search adalah jenis iklan online yang memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Dengan munculnya mesin pencari online, konsumen saat ini mencari produk di sana sebelum membelinya. Menurut Google, 84 persen konsumen mencari produk di Google sebelum membelinya. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk menunjukkan iklan online Anda melalui hasil pencarian.

Untuk memulai iklan online di Google, Anda dapat menggunakan Google Ads, yang sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords. Anda perlu memilih kata kunci yang tepat yang paling banyak dicari oleh calon konsumen untuk mencari produk Anda.

2. Paid Social

Selain di hasil pencarian Google, Anda juga bisa membuat iklan online di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Media sosial menjadi tempat strategis di dunia maya untuk meletakkan iklan online Anda. Social media marketing memungkinkan Anda untuk menargetkan calon pelanggan berdasarkan kategori tertentu seperti pendidikan, umur, lokasi, minat, hobi, gender, dan penghasilan.

Baca Juga :  Melihat Lebih Dekat Amazon Sebagai Marketplace Terbesar di Dunia

Beberapa media sosial populer yang bisa Anda gunakan adalah Facebook Ads, Instagram Ads, LinkedIn Ads, dan TikTok Ads. Format iklan yang disediakan pun beragam, termasuk foto, video, dan carousel ads.

3. Email Marketing

Email marketing adalah strategi promosi yang menggunakan email untuk mengirim pesan komersial seperti newsletter dan promosi. Menurut penelitian McKinsey and Company, mengirim newsletter 40 kali lebih efektif dibandingkan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Ini adalah pilihan yang murah dan efektif.

4. Remarketing

Google AdWords (kini Google Ads) Remarketing menunjukkan iklan online kepada orang-orang yang telah mengunjungi website atau aplikasi Anda. Tujuannya adalah untuk mempertahankan minat pembelian dari calon pelanggan.

5. Video Marketing

Video marketing adalah salah satu jenis iklan online paling efektif. Menurut laporan Vidyard tahun 2017, 92 persen perusahaan menyatakan bahwa video penting untuk content marketing. Anda bisa menggunakan berbagai jenis konten video seperti video produk, demo produk, video penjelasan produk, video media sosial, webinar, video tutorial, dan lainnya.

Tersedia berbagai cara untuk beriklan secara online. Lima jenis iklan online di atas dapat Anda manfaatkan untuk menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk Anda. Pilih jenis iklan yang sesuai dengan dana perusahaan Anda dan perhatikan karakteristik audiens yang ingin dituju. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami berbagai jenis iklan online yang efektif untuk bisnis Anda.

Baca Juga :  Panduan lengkap: Cara Memilih SEO Agency yang Bagus
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *