Samudrapikiran.com – Ucapan selamat Idul Fitri memiliki makna yang mendalam dalam budaya Jawa. Tidak hanya sekadar ungkapan formal, tetapi juga menjadi wujud permohonan maaf dan pengharapan untuk memulai kembali dengan hati yang suci dan lapang.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa contoh ucapan Idul Fitri dalam bahasa Jawa untuk berbagai situasi, mulai dari keluarga, teman, hingga pasangan, beserta dengan makna dan pesan yang terkandung di dalamnya.

Untuk Anda yang memiliki keluarga Jawa, mungkin bertanya-tanya tentang ucapan apa yang tepat saat sungkem lebaran dalam bahasa Jawa.

Berikut adalah beberapa contoh ucapan Idul Fitri dalam bahasa Jawa untuk keluarga:

1. “Sugeng Riyadi. Ngaturaken sembah pangabekti kulo, sepinten kalepatan kulo, lampah kulo, paben kulo sakecap ingkang mboten angsal idining sarak. Kulo nyuwun pangapunten mugi lineburo ing dinten riyoyo puniko.”

Artinya: “Selamat hari raya. Saya mengucapkan mohon maaf, seberapa kesalahan, langkah saya, sampai ucapan saya yang membuat sakit hati. Saya minta maaf semoga bisa dilebur di hari raya ini.”

2. “Ngaturaken Sugeng Riyadi, sedaya kalepatan nyuwun pangapunten.”

Artinya: “Menghaturkan (mengucapkan) Selamat Idul Fitri, mohon maaf untuk semua kesalahan.”

3. “Kula rumaosi kathah tindakan utawi tembung-tembung ingkang kula aturaken nyakiti panggalih Bapak/Ibu. Kula nyuwun pangapunten inggil sedaya lampahan ingkang kula tindakaken kaliyan sengaja utawi mboten sengaja.”

Baca Juga :  20 Ucapan Idul Fitri 2024 dalam Bahasa Inggris yang Bikin Hati Meleleh!

Artinya: “Saya sadar banyak perilaku maupun kata-kata yang saya ucapkan menyakiti hati Bapak/Ibu. Saya meminta maaf atas segala perbuatan yang saya lakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.”

4. “Ngaturaken sembah pangabekti kawula sepinten kalepatan kula ingkang mboten angsal idining sarak, dalem nyuwun pangapunten. Mugi lineburo ing dinten riyaya punika.”

Artinya: “Saya memohon maaf (pada Bapak dan Ibu) dengan semua kesalahan yang tidak berkenan di hati kalian. Semoga kesalahan saya dimaafkan di lebaran ini.”

5. “Kula nyuwun agunging pangapunten sedanten kalepatan lahir dumugining batin mboten langkung ngaturaken sugeng riyadi, mugi Gusti Allah ingkang kuoso paring ridho lan rahmatipun dumateng kito sedoyo.”

Artinya: “Mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan lahir hingga batin, saya tak mau mengucapkan selamat, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kepada kita segala rahmat dan karunia-Nya.”

6. “Sucining ati tumatining laku ngaturaken sugeng riyadi. Bilih wonten kelepatan, kulo nyuwun agunging samudro pangaksami.”

Artinya: “Kesucian hati adalah akhir dari amalan mengucapkan selamat kepada Anda. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan.”

7. “Bapak Ibu, ngapuntenaken sedaya kesalahanipun kula nggih. matur nuwun inggil welas asih bapak lan ibu salami puniki.”

Artinya: “Ayah, Ibu, maafkan aku atas segala kesalahanku. Terima kasih atas kebaikanmu ayah dan ibu.”

8. “Wonten dinten riyoyo, menawi lepat kulo nyuwun ngapuro. Mugi-mugi Allah maringi pepadang kagem sedoyo.”

Baca Juga :  Manfaat Menggunakan Jasa Desain Rumah

Artinya: “Ini hari yang baik, jika saya melakukan kesalahan, saya minta maaf. Semoga Allah memberikan pencerahan kepada kita semua.”

9. “Kula nyuwun pangapunten dumateng ibu saha bapak sedaya kalepatan ingkang sampun kula lampahi, nyuwun agunging pangapunten ingkang sakalangkung sae.”

Artinya: “Saya mohon maaf kepada ibu dan bapak saya atas segala kesalahan yang telah saya perbuat, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.”

10. “Minal aidin wal faizin, salam kagem sedanten sedherek, mugi kita sedaya dados tiyang ingkang langkung migunani.”

Artinya: “Minal aidin wal faizin, salam sejahtera saudara semua, semoga kita semua menjadi orang yang lebih bermanfaat.”

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa untuk Teman:

1-“Dinten meniko dinten Bakda Riyadi. Mbok menawi kulo gadah kalepatan ingkang disengaja lan mboten disengaja dumateng panjenengan sakulawarga, kula nyuwun agunging samudro pangaksami.”

Artinya: “Hari ini adalah hari Bakda Riyadi. Mungkin jika saya telah melakukan kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja terhadap anda dan keluarga, saya mohon maaf.”

2. “Nyuwun agunging pangapunten, mugi kita kanugrahan jatining fitrah saking Gusti ingkang Maha Mirah. Aamiin.”

Artinya: “Terima kasih atas ampunannya, semoga kita dilimpahi sifat sejati Tuhan Yang Maha Penyayang. Amin.”

3. “Sugeng Idul Fitri kanggo umat Islam ing saindenging jagad. Semoga wulan Ramadan iki nambahake keturutan kita nalika urip ing jagad iki. Yen tembung-tembung lara, prilaku menoadi, banjur ing dina fitri iki aku nyoba ngresiki awake dhewe. Sugeng Eid Al-Fitr kanggo wong enom lan wong tuwa sing nganggo busana apik banget.”

Baca Juga :  30 Ucapan Lebaran Idul Fitri 2024 untuk Merayakan Kemenangan Bersama

Artinya: “Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam di seluruh dunia. Semoga bulan Ramadhan ini menambah ketaatan kita selama hidup di dunia. Jika perkataannya menyakitkan, perilakunya menyakitkan, maka di hari yang fitri ini aku berusaha membersihkan diri. Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang berpenampilan cantik baik tua maupun muda.”

Dalam tradisi Idul Fitri, ungkapan maaf dan doa untuk kebaikan bersama memiliki peran penting dalam mempererat tali persaudaraan dan kesatuan. Semoga dengan mengucapkan kata-kata maaf dan doa ini, kita dapat membuka lembaran baru yang penuh dengan keberkahan dan harmoni.

Mari kita sambut Idul Fitri dengan hati yang bersih dan penuh keikhlasan, serta berbagi kebahagiaan dengan semua orang di sekitar kita. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *