Samudrapikiran.com – 11 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Tampil Aesthetic di Media Sosial. Setiap orang ingin memperlihatkan yang terbaik dari diri mereka di media sosial. Salah satu cara yang efektif untuk mencapai tampilan yang maksimal adalah melalui penggunaan aplikasi edit foto.

Saat ini, tersedia beragam aplikasi edit foto yang bisa digunakan, dan beberapa di antaranya bahkan populer di kalangan selebgram. Berikut adalah daftar beberapa aplikasi edit foto terbaik dan sedang tren saat ini.

Tips Mengedit Foto di Smartphone agar Terlihat Aesthetic ala Selebgram

Kamu ingin menghasilkan foto-foto yang terlihat sekelas selebgram di media sosialmu? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti untuk mencapai hasil yang maksimal:

1. Gunakan Filter dengan Bijak

Filter merupakan salah satu alat yang kuat dalam mengedit foto. Gunakan filter yang sesuai dengan mood atau suasana foto yang ingin kamu ciptakan.

Namun, hindari penggunaan filter dengan intensitas penuh (100%) karena hal ini bisa membuat foto terlihat terlalu berlebihan. Cari intensitas yang pas sesuai dengan kebutuhan foto.

2. Perhatikan Komposisi Foto

Sebuah foto yang baik harus dimulai dari hasil jepretan yang baik pula. Komposisi yang baik akan membuat proses editing menjadi lebih mudah dan hasilnya lebih menarik. Beberapa tips komposisi yang bisa kamu ikuti, seperti:

  • Gunakan pencahayaan yang natural untuk hasil yang lebih alami.
  • Fokus pada subjek utama foto untuk membuatnya lebih menonjol.
  • Gunakan grid pada kamera smartphone untuk membantu memastikan komposisi foto lebih proporsional.
  • Hindari menggunakan tools editing saat mengambil foto, fokuslah pada komposisi yang baik secara langsung.
Baca Juga :  Yuk Simak! 7 Cara Membuat Prototype Aplikasi

3. Manfaatkan Fitur Lux

Fitur Lux pada aplikasi edit foto bisa membantu meningkatkan kecerahan, kontras, dan kerealistisan foto. Cobalah untuk mengatur Lux saat sedang mengedit foto agar hasilnya lebih optimal. Setiap aplikasi edit foto biasanya memiliki fitur ini.

4. Fokus pada Basic Edits

Saat mengedit foto, jangan terlalu banyak menggunakan efek dan filter yang berlebihan. Terkadang, beberapa basic edits sudah cukup untuk membuat foto terlihat lebih aesthetic. Beberapa basic edits yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Mengatur kontras
  • Menyesuaikan bayangan (shadows)
  • Mengubah suhu warna (color temperature)
  • Menyoroti (highlight)

5. Sesuaikan Ukuran Foto

Sebelum mengedit foto, pastikan ukurannya sudah sesuai dengan media sosial tempat kamu akan mengunggahnya. Sebagai contoh, Instagram menyarankan untuk tidak mengunggah foto dengan resolusi di atas 1080px.

Jika kamu mengunggah foto dengan ukuran yang terlalu besar, kualitas foto bisa terpengaruh dan hasil editanmu menjadi tidak optimal. Pastikan untuk menyesuaikan ukuran foto sebelum melakukan editing.

Dengan mengikuti tips-tips sederhana di atas, kamu bisa menciptakan foto-foto yang terlihat lebih aesthetic dan memikat di media sosialmu seperti seorang selebgram. Selamat mencoba!

11 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Tampil Aesthetic di Media Sosial

1. Prisma

Prisma adalah aplikasi yang cocok bagi Anda yang menginginkan filter yang lebih artistik, yang bahkan dibuat langsung oleh seniman.

Dengan lebih dari 300 filter yang tersedia, Anda bisa membuat foto Anda terlihat lebih berseni. Namun, untuk menikmati semua fitur ini, Anda perlu berlangganan dengan biaya sekitar US$1,99 per minggu.

2. Facetune 2

Facetune 2 merupakan aplikasi yang sempurna untuk mencapai tampilan yang lebih ‘glow up’. Selain membuat kulit terlihat lebih halus dan gigi lebih putih, Anda juga bisa menambahkan filter makeup sesuai keinginan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di Android

Sayangnya, beberapa fitur hanya tersedia dalam versi berbayar, dengan biaya tambahan untuk akses penuh.

3. Afterlight

Afterlight merupakan aplikasi yang cocok untuk pengguna yang sering mengedit foto dan ingin membuatnya lebih menarik.

Dengan berbagai macam tools yang tersedia, seperti layers, curves, stiker, dan berbagai jenis fonts, Anda bisa menghasilkan foto yang unik. Aplikasi ini dapat diakses dengan biaya sekitar US$2,99 per bulan.

4. VSCO

VSCO adalah aplikasi lain yang direkomendasikan untuk pengguna yang ingin foto mereka terlihat lebih sempurna.

Dengan banyaknya koreksi foto dan penyesuaian yang tersedia, VSCO dapat menjadi pilihan yang baik meskipun dengan biaya langganan sekitar US$19,99 per tahun.

5. PicsArt

PicsArt adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik yang mudah digunakan, dengan berbagai tools yang tersedia untuk membuat foto terlihat lebih ‘glow up’.

Meskipun beberapa fitur hanya tersedia untuk pengguna premium dengan biaya sekitar Rp120.000 per bulan, Anda masih dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan menghadapi iklan.

6. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto yang cocok untuk pengguna yang ingin foto mereka terlihat lebih estetik.

Dengan beragam tools yang tersedia secara gratis, mulai dari pensil, filter, hingga masking, Anda bisa menciptakan hasil yang memukau tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

7. Pixlr

Pixlr adalah aplikasi lain yang bisa membantu Anda mengedit foto dengan pilihan efek, filter, dan tools penyesuaian.

Baca Juga :  HP Android 4 Jutaan: Pilihan Terbaik untuk Harga Terjangkau

Meskipun tersedia secara gratis, Anda dapat mengakses lebih banyak fitur dengan berlangganan versi premium dengan biaya sekitar US$1.99.

8. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah aplikasi yang sempurna untuk pengguna yang ingin mengambil langkah lebih lanjut dalam mengedit foto.

Dengan tutorial yang disediakan dan berbagai tools yang tersedia, Anda bisa memperbaiki warna, filter, dan lain-lain. Versi premium dari aplikasi ini tersedia dengan biaya sekitar US$4,99 per bulan.

9. Instagram

Instagram bukan hanya platform untuk berbagi foto, tetapi juga dapat digunakan sebagai aplikasi edit foto yang cepat dan mudah.

Dengan fitur editing yang tersedia, Anda bisa menghasilkan foto yang menarik tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

10. Google Photos

Google Photos adalah aplikasi yang cocok bagi Anda yang ingin menyimpan dan mengedit foto secara praktis.

Meskipun fiturnya tidak sebanyak aplikasi lainnya, Anda masih bisa melakukan penyesuaian dasar seperti mengubah warna, cahaya, dan kontras.

11. Adobe Photoshop Camera

Terakhir, Adobe Photoshop Camera adalah aplikasi yang menyediakan efek khusus dan koreksi foto yang membuat hasil jepretan Anda terlihat lebih estetik.

Dengan berbagai filter yang tersedia secara gratis, Anda bisa menciptakan foto yang menarik tanpa biaya tambahan.

Dari sekian banyak aplikasi edit foto yang tersedia, tentukanlah mana yang menjadi favorit Anda berdasarkan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda.

Selamat mengedit foto dan tampilkan yang terbaik dari diri Anda di media sosial!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *