Penggantian sendi panggul adalah mekanisme medis yang melibatkan pengangkatan dari sendi pinggul yang sakit, dan menggantinya dengan sendi buatan atau implan, biasanya terbuat dari plastik dan logam keras.

Penggantian sendi panggul
Penggantian sendi panggul

Operasi ini juga dikenal dengan istilah artroplasti. Sendi prostetik yang baru bisa mengembalikan fungsi pinggul, dan membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh suatu kondisi seperti arthritis.

Operasi penggantian pinggul diakui sebagai salah satu mekanisme terobosan di dalam bedah tulang. Dan operasi ini bisa dilakukan pada pasien dengan usia berapapun, mulai dari remaja dengan arthritis juvenile sampai pasien tua dengan artritis degeneratif.

Siapa yang  Harus Melakukan Operasi Penggantian Pinggul?

Operasi penggantian pinggul biasanya dianjurkan untuk mengobati persoalan arthirit yang memburuk, dan melibatkan sendi panggul. Mekanisme ini kebanyakan dikerjakan untuk penyakit arthritis degeneratif (Osteoarthritis), sebuah situasi yang berkenaan dengan penuaan, trauma dan kelainan bawaan.

Pasien dengan Rheumatoid arthritis, osteonekrosis (Suplai darah yang tidak cukup) pada tulang pinggul, penyakit sistemik (Termasuk lupus erythematosus), dan patah tulang yang merubah pinggul, juga termasuk mekanisme ini.

Pasien yang direkomendasikan untuk penggantian panggul, biasanya mereka yang mengalami sakit kronis dan progresif, yang mengarah ke penurunan fungsi tubuh normal. Selain itu, hal lain yang menyebabkan orang harus menjalankan operasi pinggul adalah sebagai berikut:

  • Tetap merasakan sakit, meski sudah mengkonsumsi obat nyeri dan anti peradangan.
  • Mengganggu pola tidur teratur.
  • Memburuk saat berjalan dan menaiki tangga, apalagi saat menggunakan walker atau tongkat.
  • Mempersulit duduk dan bangkit dari posisi duduk.
Baca Juga :  What is Daman Game Prediction App. How Play this Game

Hasil yang diharapkan berasal dari mekanisme ini adalah pasien perlahan-lahan bisa kembali melakukan gerakan-gerakan yang disebutkan di atas, setelah pulih sepenuhnya dari operasi. Tak hanya itu, rasa nyeri diharapkan hilang dalam waktu yang lama.

Tetapi, sesudah sembuh total, beberapa olahraga dan aktivitas berat harus dihindari, karena operasi penggantian pinggul hanya bisa mengembalikan fungsi tubuh pasien untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan sesudah operasi pinggul, antara lain: berjalan, mengemudi, berenang, bermain golf, bersepeda, menari, dan olahraga dengan pengaruh rendah.

Berapa Biaya Operasi Tulang Pinggul?

Biaya operasi tulang pinggul sekitar Rp1 juta hingga Rp25 jutaan. Biaya itu telah terhitung biaya penanganan, obat, rawat inap, dan konsultasinya. Mengingat harganya yang cukup menguras kantong, pasien disarankan mempersiapkan biaya lebih, sekitar 20 – 30 persen sebagai tambahan manakala dibutuhkan.

Cara Kerja Operasi Penggantian Pinggul

Sebelum melakukan operasi penggantian pinggul, dokter bedah ortopedi akan melakukan inspeksi fisik umum, tes darah, rontgen dan lebih-lebih MRI, untuk memastikan bahwa Kamu sehat untuk menekuni mekanisme, dan memeriksa apakah sendi dan otot sekitarnya cocok untuk operasi penggantian pinggul.

Operasi bisa dijalankan dengan menggunakan teknik bedah tradisional atau metode minimal invasif, perbedaannya terletak pada ukuran sayatan dibuat. Mekanisme ini memakan waktu lebih dari satu jam.

Didalam operasi penggantian pinggul tradisional, bius total diperlukan. Dokter bedah membuat sayatan sepanjang 8-10 di sisi pinggul, yang terkena dampak dan mengeser otot dasar sehingga sendi panggul bisa terlihat.

Baca Juga :  Aplikasi Android untuk Menulis Catatan dan Artikel

Bagian tulang paha dengan bentuk seperti bola dan struktur yang rusak lainnya akan diangkat. Lalu, sendi buatan akan dipasangkan menggunakan perekat khusus, yang sangat memungkinkan struktur baru dengan tulang paha yang tersisa.

Baca Juga: Cara Membuat Custom Baju Badminton dengan Mudah

Mekanisme yang sama dijalankan, ketika menggunakan metode minimal invasif, tapi sayatannya lebih pendek (Biasanya 2-5 inci). Hal itu bisa mengurangi darah yang hilang, rasa sakit, dan jaringan parut.

Bukan hanya itu, pasien tidak perlu berlama-lama tinggal di rumah sakit, dan proses penyembuhan lebih cepat. Dan itulah sedikit penjelasan tentang operasi tulang pinggul. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *