Tahukah Anda terkait obat herbal menurut islam? Sebagai umat Nabiyullah Muhammad SAW, kita harus meneladani dan mengikuti sunnahnya baik dari segi perkataan, perbuatan, dan juga ketetapan. Artinya, kita sudah sepatutnya menerapkan apa yang telah Nabi lakukan di zamannya. Salah satunya adalah pengobatan menurut Al-Qur’an dan Sunnah.

Dalam hal ini, ada beberapa obat yang sesuai dengan anjuran islam. Tentu saja, obat tersebut sudah dijelaskan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Di antaranya adalah:

Madu Sebagai Obat Herbal Menurut Islam

Dalam Al-Qur’an surah An-Nahl ayat 69 menjelaskan tentang khasiat madu. Allah mengatakan dengan tegas bahwasannya minuman atau madu yang keluar dari tubuh (perut) lebah adalah tanda kebesaranNya. Ini karena cairan dengan beragam warna tersebut mampu mengobati berbagai penyakit manusia.

Beberapa manfaat madu antara lain:

  1. Sebagai zat antioksidan, anti radang, dan anti bakteri
  2. Memutihkan gigi, menyehatkan gusi dan gigi, serta mengatasi gangguan mulut seperti sariwan, dan lainnya
  3. Mencegah adanya colitis (radang usus besar), mengobati diabetes, menjaga sistem pencernaan, membersihkan liver, memcegah maag, dan sebagainya

Zamzam Sebagai Obat Herbal Menurut Islam

Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa zamzam merupakan air yang penuh dengan berkah. Rasulullah juga menambahkan bahwa zamzam mampu memberikan manfaat sesuai niat saat meminumnya. Misalnya, kita minum karena ingin menyembuhkan penyakit, maka Allah akan mengangtkatnya melalui perantara zamzam.

Selain itu, air tersebut juga mengandung banyak gizi sehingga sangat layak untuk dikonsumsi tubuh. Di antara kandungan tersebut antara lain:

  1. Magnesium dan kalsium, yang berfungsi untuk proses penyembuhan serta menghilangkan dahaga
  2. Zat fluoride, yang berfungsi untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat dalam zamzam
  3. Mineral esdnsial dan elektrolit seimbang sempurna, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Intinya, zamzam merupakan air yang sangat bersih, murni, dan alami. Ini karena air tersebut tidak tercampur dengan mikroorganisme patogen, tidak mengandung zat klorin, dan juga tidak pernah kadaluarsa.

Obat Herbal Zaitun

Obat herbal menurut islam selanjutnya adalah Zaitun. Diriwayatkan oleh Abi Hurairah bahwasannya Nabi Muhammad menganjurkan untuk mengoleskan atau makan minyak zaitun. Semua itu tentu ada alsannya, yaitu karena zaitun mengandung obat untuk 70 penyakit.

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan At-Tirmidzi, Rasulullah juga menjelaskan asal usul Zaitun. Menurut beliau, Zaitun berasal dari pohon yang penuh dengan berkahNya.

Secara medis atau ilmu sains, Zaitun memiliki berapa kandungan. Di antaranya adalah gliserida, asam miristat, asam steanat, asam linoleat, asam oleat, dan asam palmatic. Semua kandungan tersebut memiliki khasiat, seperti:

  1. Meilindungi tubuh dari penyakit kanker
  2. Mencegah terjadinya ateriosklerosis (penebalan) dan tromobosis (penyumbatan) pembulu darah
  3. Mengurangi kolesterol jahat

Obat Herbal Kurma

Sudah bukan rahasia publik bahwa kurma adalah makanan yang memiliki banyak khasiat. Bahkan, Rasulullah menyarankan agar kita rutin memakan buah tersebut sebanyak 7 butir setiap pagi. Tujuannya adalah untuk melindungi diri dari segala bentuk penyakit di hari tersebut.

Kurma mempunyai banyak sekali manfaat. Di antaranya adalah:

  1. Memperbaiki sistem pencernaan, mencegah konstipasi, dan melancarkan BAB
  2. Mencegah terjadinya penyerapan kolesterol ke dalam usus
  3. Mengandung anti hemoragik, anti inflamasi, anti infeksi, dan antioksidan
  4. Menjaga kesehatan kulit dan juga mata
  5. Mengandung kalium yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung

Buah Tin

Ada juga buah tin, buah yang katanya turun langsung dati surga. Sekilas, buah tersebut seperti bawang, berukuran besar dan bulat. Warnanya ungu kehitaman, sementara daging buah atai bagian dalamnya berwarna merah cerah (segar).

Nabi Muhammad mengatakan dalam haditsnya bahwa buah tin bermanfaat untuk meredakan encok. Selain itu, buah tersebut juga mampu menghentikan wasir. Dua penyakit tersebut sangat sering terjadi di Indonesia. Maka, kita, khususnya orangtua, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah tin.

Itulah beberapa obat herbal menurut islam. Kita bisa mengonsumsi obat-obatan alami di atas untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski demikian, kita tidak boleh lalai akan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan sebagainya. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *