Samudrapikiran.com – Pada tahun 2024, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) menjadi salah satu jalur penerimaan favorit bagi calon mahasiswa yang memiliki minat dalam pendidikan tinggi berbasis Islam di bawah Kementerian Agama RI. Sebagai salah satu alternatif seleksi bersama dengan Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), SPAN-PTKIN memilih calon mahasiswanya berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik yang telah mereka raih selama bersekolah.

Perbedaan utama antara SPAN-PTKIN dan SNBP terletak pada penyelenggaraannya. SPAN-PTKIN diselenggarakan di kampus-kampus yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, sementara SNBP diselenggarakan di kampus yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Salah satu keunggulan SPAN-PTKIN adalah biaya pelaksanaannya yang ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran. Proses seleksi ini dilakukan secara nasional dan melibatkan 59 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang siap menerima mahasiswa baru.

Meskipun pendaftaran SPAN-PTKIN untuk tahun 2024 belum dibuka hingga saat ini, kita dapat mengenal lebih dalam tentang proses pendaftarannya. Berikut adalah informasi terkait persyaratan pendaftaran SPAN-PTKIN 2024 yang diambil dari laman resmi pada Selasa, 9 Januari 2024.

Syarat Pendaftaran SPAN-PTKIN 2024

Ketentuan Umum

  • Seleksi berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.
  • Satuan pendidikan yang berhak mendaftarkan siswanya adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  • Siswa yang telah didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan tersebut berhak mengikuti seleksi SPAN-PTKIN.
Baca Juga :  Perkembangan Teknologi, dan Ancaman Pandemi Intelektual

Ketentuan Siswa

  • Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah kelas terakhir tahun 2023.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Memiliki nilai rapor kelas X (semester 1 dan 2), kelas XI (semester 1 dan 2), kelas XII (semester 1) yang telah diisi ke PDSS.

Jadwal Seleksi SPAN-PTKIN 2024

Saat ini, jadwal resmi SPAN-PTKIN 2024 belum diumumkan. Namun, berdasarkan acuan tahun sebelumnya, beberapa tahapan yang dapat diperkirakan adalah:

  • Pengisian dan verifikasi PDSS: 17 Januari – 13 Februari 2023
  • Pendaftaran (siswa): 16 Februari – 4 Maret 2023
  • Pengumuman hasil seleksi: 3 April 2023
  • Ketentuan Pilih Program Studi
  • Siswa pelamar memilih dua PTKIN yang diminati.
  • Siswa pelamar memilih dua program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
  • Urutan pilihan PTKIN dan program studi akan menyatakan prioritas pilihan.

Meskipun jadwal SPAN-PTKIN 2024 belum diumumkan, para calon mahasiswa sudah dapat mempersiapkan diri dengan melengkapi syarat prestasi akademik. Sebaiknya, terus pantau laman resmi SPAN-PTKIN untuk mendapatkan informasi terkini dan pastikan Anda siap untuk mengikuti seleksi ini pada waktu yang telah ditentukan. Sukses untuk para calon mahasiswa SPAN-PTKIN 2024!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *