Jenis Bisnis Ternak yang Bisa Kamu Coba!

Bisnis peternakan
Bisnis peternakan

Bisnis peternakan akan selalu menjadi bisnis menjanjikan, karena merupakan sebuah kebutuhan bagi ternak. Tetapi, untuk memulai sebuah bisnis ini, ada beberapa hal yang harus kamu tahu. Tentunya, karena tujuan untuk membangun suatu bisnis adalah mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya.

Beberapa hal itu termasuk jenis bisnis ternak, jenis pakan, cara merawat, dan peluang bisnis yang akan didapat. Dan jika kamu ingin tahu apa saja jenis bisnis peternakan yang menjanjikan ditengah-tengah masyarakat, baca terus penjelasan berikut untuk tahu lebih lengkapnya, ya!

Jenis Bisnis Ternak yang Bisa Kamu Coba!

Beberapa Jenis Bisnis Ternak yang Bisa Kamu Coba

Jenis bisnis peternakan sangatlah beragam. Ada beberapa hal yang bisa dimulai dengan modal yang kecil, tapi juga ada yang membutuhkan modal besar. Berikut beberapa jenis bisnis ternak yang harus kamu ketahui:

1. Beternak Ayam

Bisnis ini bisa kamu mulai dengan punya sebidang tanah yang cukup untuk tempat kandang, dan tempat ayam mencari makanan. Peluang bisnis ternak ini sangat tinggi, karena ayam dan telurnya jadi bagian yang tidak terpisahkan dari menu harian beberapa masyarakat Indonesia.

Tetapi, jika ingin menjadi peternak ayam rumahan, baik ayam kampung, petelur, maupun pangkas, kamu harus memastikan supaya peternakan ini nantinya tidak mengganggu tetangga dan lingkungan sekitar.

Ternak ayam menurut laporan CNN Indonesia, merupakan salah satu bisnis dengan peluang terbesar di Indonesia, terutama di pedesaan.

2. Beternak Kambing

Bisnis ternak ini miliki peluang besar, kerena permintaan daging kambing oleh beberapa pengusaha kuliner sangatlah tinggi. Terlebih, jika mendekati Idul Adha permintaan daging kambing akan meningkat dengan tajam. Kambing juga dicari saat orang-orang akan melakukan aqiqah anak. Beternak kambing lumayan menjanjikan bukan?

3. Beternak Sapi Potong

Keperluan daging sapi di Indonseia termasuk kebutuhan yang sangat tinggi. Sapi sendiri merupakan bahan pokok dalam sajian kuliner-kuliner di restoran. Sayangnya, ketersediaan daging sapi sendiri belum bisa mencukupi permintaan pasar, sehingga impor selalu jadi pilihan.

Hal ini bisa kamu jadikan peluang bisnis, yang sangat menjanjikan. Jika kamu mempunyai modal besar, kamu bisa mencoba bisnis ternak ini.

4. Beternak Ikan Lele

Ternak ikan lele menjadi salah satu opsi bisnis peternakan, yang layak dipertimbangkan karena cukup menjanjikan. Ikan lele sendiri lumayan popular dengan makanan hasil olahan lele, salah satunya adalah pecel lele yang bisa ditemukan di berbagai daerah.

Untuk kecepatan memanen ikan lele, tergantung dari seberapa rutin ternak itu diberi makan. Tentunya lumayan mudah, bukan?

5. Beternak Burung Puyuh

Walaupun pamornya tidak sebesar masakan daging ayam, daging burung puyuh jadi bahan dasar yang sering dicari oleh restoran-restoran kelas menengah ke atas. Burung puyuh memiliki rasa yang khas. Jadi, jangan terkejut, jika masakan ini juga sangat peminat, dan disukai banyak masyarakat.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Ayam Geprek! Dijamin Laris!

6. Beternak Bebek

Tahukah kamu, daging dan telur bebek banyak dicari, karena memiliki tekstur dan rasa yang khas. Ini pasti jadi peluang bisnis yang bisa dicoba untuk ditekuni. Dalam memelihara bebek, kandang dan lahan peternakan bebek harus selalu dijaga kebersihannya.

Tidak hanya itu, ada aspek pencahayaan dan pengelompokkan bebek disesuaikan dengan ukuran, yang wajib diperhatikan oleh kamu dalam menernaknya. Itulah beberapa jenis bisnis ternak yang bisa kamu coba kembangkan, disesuaikan dengan keperluan di tempat masing-masing. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini